Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketum PSSI Mochammad Iriawan bersama rombongan didampingi Gubernur Sumsel Herman Deru meninjau Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Selasa (11/2/2020). (Foto: Rachmad Kurniawan)

11 Februari 2020 18:31:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan beserta rombongan mengecek stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang yang diusulkan menjadi salah satu stadion tempat perhelatan FIFA World Cup U-20 tahun 2021.

Rombongan pengurus PSSI didampingi Gubernur Sumsel H Herman Deru dan Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin pada Selasa (11/2/2020). 

Usai memeriksa sejumlah fasilitas, rumput lapangan, kelayakan stadion di GSJ, Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan mengatakan, untuk pengalaman Sumsel sudah tak diragukan. Hanya saja stadion pendukung perlu satu pembenahan.

"Ada 4 stadion pendukung 3 diantaranya ada didalam komplek JSC yakni Venue atletik, panahan, dan baseball satu lagi Stadion Bumi Sriwijaya. Nah venue atletik itu agak sempit sehingga itu perlu ditindak lanjut dengan sedikit perluasan supaya sesuai standar," ujarnya.

Peluang setiap daerah untuk menjadi tuan rumah termasuk Sumsel cukup besar, karena perhelatan World Cup U-20 membutuhkan 6 daerah yang menjadi tuan rumah dengan stadion masing-masing.

Iriawan melanjutkan, adapun kriteria penilaian kesiapan Stadion yakni Akomodasi, transportasi, dan jarak dari hotel ke stadion. "Jarak hotel dengan stadion utama tidak boleh dari 60 menit, dan jarak dari hotel ke lokasi latihan tidak boleh lebih dari 30 menit," imbuhnya.

Sebelum ke Palembang ia baru selesai mengecek kesiapan stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya. Dan semuanya akan dihimpun dan kembali didiskusikan bersama FIFA.

"Belum ada yang pasti, bulan Maret nanti akan kami diskusikan dengan FIFA yang mana saja yang akan ditunjuk. Selain itu  ketika terpilih kesiapan SDM, fasilitas, dan kepala daerahnya harus matang," tandasnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menyatakan kesiapannya sebagai kepala daerah untuk menyambut FIFA World Cup U-20.

"Pengalaman kita punya banyak dalam hal menyukseskan event olahraga internasional yang tak bisa ditiru daerah lain. Apalagi tadi disebutkan untuk hotel kita punya 13.600 kamar dari setiap hotel bintang satu hingga bintang lima. Saya menyatakan siap menjadi tuan rumah FIFA World Cup U-20 ini, saya rasa yang hanya kita butuhkan adalah kepercayaan dari FIFA," ungkap Deru.

Untuk perbaikan fasilitas Deru menegaskan Pemprov Sumsel siap menganggarkan secara khusus untuk mencukupi pembenahan yang disyaratkan.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 341