loader

Dilantik Jadi Ketua GAPKI Sumsel, Alex Cs Akan Lakukan Ini

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - "Gapki Sumsel sebelumnya anggota 73 (luas lahan sekitar 350 ribu hektare), Januari 2020 bertambah lagi satu menjadi 74 (di Sumsel tidak kurang 200 perusahaan sawit). Ini salah satu yang akan kami lakukan menebar manfaat atau nilai lebih menjadi member GAPKI kepada perusahaan yang belum menjadi member (anggota)," ujarnya dalam sambutan usai pelantikan di Hotel Harper Palembang.

Alex juga mengajak seluruh pengurus untuk solid dan kompak. Menurutnya, sekarang bukan lagi Superman, tapi supertim. "Pengurus GAPKI Cabang Sumsel harus punya semangat bersama - sama. "Dari kita untuk kita demi kemajuan bersama," katanya.

"Fokus kita berupaya keras tepis isu - isu negatif khususnya di wilayah Sumsel. Sawit saat ini bukan makin mudah tapi makin banyak tantangan," tambahnya lagi.

Diketahui, sambung Alex, luas tutupan lahan sawit, menurut Kepmentan 833 tahun 2019, seluas 1.468.468 hektar atau berkontribusi 8,96 persen dari 16.381.959 juta hektar secara nasional. "Dari perusahaan swasta, pemerintah, petani plasma dan swadaya," jelasnya.

Sementara untuk produksi CPO Sumsel, masih berdasarkan estimasi Dirjenbun sebesar 4 juta ton atau 8,5% dari 47,18 juta ton secara nasional.

"Artinya Sumsel memiliki potensi luar biasa ini untuk perkembangan industri kelapa sawit sekaligus peningkatan pendapatan daerah. Kita harapkan dapat tingkatkan pendapatan daerah. Kita sudah diskusi dengan kadis perkebuban. Bagaimana kontribusi perusahaan terhadap pendapatan daerah," ungkapnya.

"PBB masih masuk ke pusat. Bagaimana kami bersama Pemda mengusulkan ini, bagimana Pemda menikmati hasil dari kelapa sawit," katanya lagi.

Share

Ads