loader

Pusri Perusahaan Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja Terbaik Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan atas konsistensi Pusri dalam menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) sepanjang tahun 2019. Diserahkan langsung oleh Wakil Gubernur Sumsel sekaligus inspektur upacara, H Mawardi Yahya diterima Direktur Produksi Pusri, Filius Yuliandi. 

Apel ini dihadiri 25 perusahaan, pimpinan perusahaan, Serikat Buruh dan Akademisi di wilayah Sumsel. Saat itu, Wagub membacakan naskah sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Yakni, mencanangkan tema bulan K3 tahun 2020 adalah "Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) pada Era Revolusi Indutri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”.

“Peringatan hari K3 Nasional ini menjadi perhatian kita semua, karena untuk mengingatkan tentang keselamatan para pekerja. Keselamatan itu lebih penting dari segalanya,” pungkas Mawardi.

Selain itu, ditampilkan atraksi menegangkan dari Tim Departemen K3LH PT Pusri Palembang. Di bawah pimpinan Manajer K3LH, GM Teknologi dan Direktur Produksi, tim menampilkan drill berupa pemadaman kebakaran. Dimana terdapat sebuah gudang berlantai 2 yang terbakar dengan asap mengepul tebal dan terdapat 1 orang korban yang terjebak di ketinggian. 

Tim fireman berusaha memadamkan api dengan melakukan prinsip-prinsip pemadaman dan api berhasil dipadamkan dengan cepat. Kemudian disusul Tim Rescue yang berusaha mencari dan mengevakuasi korban yang pingsan di ketinggian menggunakan stretcher basket. Korban berhasil diselamatkan ke tempat aman. 

Saat puncak acara, tim Departemen K3LH menampilkan water dance, air menari yang berwarna warni dari mobil pemadam kebakaran milik PT Pusri Palembang diiringi lagu Let’s Go Pusri.

Manager K3LH PT Pusri Palembang, Yusman Arullah menyampaikan adanya apel besar peringatan Bulan K3 ini, diharapkan setiap perusahaan mampu berbudaya K3 dalam setiap kegiatan. "Sehingga bisa ditunaikan amanat yang disampaikan inspektur upacara dengan sebaik-baiknya," ujar Yusman. 

Lanjutnya, revolusi industri 4.0 telah sangat mewabah secara global. Karena itu, semua elemen di Pusri berusaha mengantisipasi perubahan tersebut. Seperti membuat sistem pelaporan kecelakaan dan survey K3 secara online. Sehingga mempercepat hasilnya dan akurasinya lebih bagus. 

Guna memeriahkan bulan K3, Pusri melalui mengadakan berbagai kegaitan mulai 10 Februari sampai 18 Maret mendatang. Mulai dari lomba poster, diet plastik sekali pakai, SHE Experience, Donor darah, Rangking 1 dan yel2 K3, Safety Warrior, K3 Pusri Run 5 K, Seminar penanganan ular dan penutupan bulan K3.

Share

Ads