Berita :: GLOBALPLANET.news

Bus Trans Musi. (Foto: Ist)

14 Februari 2020 13:44:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Meski telah memiliki anak perusahaan yakni PT Trans Musi, PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya (SP2J) masih mengelola Bus Rapid Trans Musi. Hal ini diutarakan Dirut PT Trans Musi Jaya Anthoni Rais, Jumat (14/02/2020) melalui telepon.

"Trans Musi masih dikelola oleh PT SP2J menggunakan dana APBD Kota Palembang, sedangkan PT Trans Musi Palembang Jaya akan menerima bantuan dana subsidi dari Kementerian Perhubungan untuk PT Trans Musi yang dimana akan sama persis dengan Trans Jakarta. Hal ini karena, sistem subsidi hanya membayar mana saja bus yang akan melayani masyarakat," ungkap Anthoni

Antoni menjelaskan, jika bantuan dana subsidi sistem layanan, sama seperti subsisdi program Transjakarta. Anak perusahaan melayani masyarakat uangnya kembali ke Kementerian.

"Cara baru dari Kementerian yakni mana yang berjalan itu yg dibayar, jadi bus melayani masyarakat uangnya balik ke Kementerian baru diserahkan ke kami. Beda dengan subsidi kota uangnya balik ke kami. Nantinya subsidi yang diterima PT Transmusi Palembang Jaya murni dari APBN, dan tidak bergantung pada subsidi kota lagi," jelasnya.

Kini PT Transmusi telah memiliki Mobil Bus Rapid Trans dari PT SP2J dan ditambah 10 unit BRT yang akan diterima dari Kemenhub, "Jadi total ada 41 Bus Rapid Trans," singkatnya.

Saat ini PT Transmusi Palembang Jaya masih menunggu proses lelang proyek dan lelang sistem layanan untuk memastikan rute sendiri Bus Rapid Transmusi yang tak bersinggungan dengan LRT.

Dan rencananya rute induk milik Bus Rapid Trans Musi akan berada diluar jalur LRT berinduk di Jalan Kol Atmo dan Jalan Veteran. Untuk jalur lain yang dipinggiran Kota masih dalam proses penjajakan.

"PT Trans Musi Palembang Jaya akan mengikuti proses lelang pada bulan Maret mendatang. Untuk mengikuti proses lelang maka perusahaan sudah harus terpisah dan punya bus sendiri daripada orang lain yang ikut, lebih baik PT Trans musi sebagai anak perusahaan," ujarnya.

Ia menambahkan, rute induk BRT Trans Musi (Kol Atmo-Veteran) akan memiliki rute yang akan dilintasi Bus Rapid milik PT Trans Musi yakni diwilayah OPI, Pasar Induk, Tegal Binangun dan Plaju. "Kita masih dalam proses survei bersama Kementerian diwilayah OPI, Pasar Induk, Tegal Binangun, dan Plaju. Nantinya masyarakat Plaju bisa naik LRT lewat bus rute baru ini," pungkasnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : M.Rohali 38