Berita :: GLOBALPLANET.news

Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi bersama Kadin TPH, Ir Ruzuan Efendi saat menanam bibit buah. (Foto: Ist)

05 Desember 2017 14:16:49 WIB

OKUT, GlobalPlanet.news - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Timur melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), saat ini tengah konsentrasi mengembangkan bidang perkebunan buah-buahan.

Kepala Dinas TPH OKU Timur, Ir Ruzuan Efendi mengatakan, nantinya pusat wisata perkebunan buah tersebut, juga akan menjadi pusat pendidikan, pelatihan, dan destinasi wisata agro horti park.

"Selain itu, perkebunan buah itu akan dijadikan juga pusat untuk memperbanyak bibit-bibit unggul, seperti mangga, jambu, durian, duku, jeruk dan bibit buah berkualitas lainnya," kata Ruzuan, Selasa (05/12/2017).

Rencananya, lanjut Ruzuan, pusat pengembangan perkebunan buah ini akan dilakukan di Jalur Komering, karena daerahnya dinilai cocok untuk tanaman buah-buahan dan bisa mengangkat ekonomi masyarakat di wilayah tersebut.

"Pak bupati mengajak seluruh masyarakat  desa, agar di desanya ada percontohan perkebunan buah," ujarnya. 

Untuk itu, dia berharap terobosan baru ini bisa membangkitkan kembali gairah masyarakat OKU Timur untuk berkebun. 

"Mudah-mudahan dengan adanya pusat perkebunan buah-buahan ini, bisa memancing minat masyarakat untuk berkebun. Dengan demikian, perekonomian masyarakat juga secara tidak langsung bisa terangkat," harapnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Amizon 464