loader

India Bakal Impor 1,1 Juta Ton Olahan Minyak Sawit Indonesia

Foto

JAKARTA, GLOBALPLANET - Ini sebuah langkah yang mengejutkan lantaran baru bulan lalu New Delhi membatasi impor produk turunan minyak kelapa sawit (CPO).

Pembelian kembali minyak sawit olahan oleh India, importir CPO terbesar di dunia, tentu bisa mengangkat impor minyak sawit negeri Sungai Gangga.

India menempatkan produk turunan CPO termasuk RBD palm olein dalam daftar barang-barang impor terlarang pada 8 Januari 2020 lalu.

Langkah ini mendorong para trader untuk mengajukan izin ke Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri (DGFT) Kementerian Perdagangan India untuk mengimpor RBD palm olein. DGFT menerima lebih dari 100 pengajuan izin impor.

Seorang pejabat Pemerintah India dan tiga trader mengatakan, Kamis (20/2/2020), DGFT telah menerbitkan izin impor untuk 1,1 juta ton RBD palm olein.

Menurut seorang pejabat Pemerintah India, New Delhi mengeluarkan izin untuk mengimpor RBD palm olein hanya dari Indonesia.

Info saja, RBD palm olein merupakan bahan baku industri makanan, seperti mi instan, keripik kentang, dan donat. Produ ini juga jadi bahan baku margarin dan mentega putih atau shortening.

Share

Ads