loader

Jelang Musda Golkar DPD Sumsel, Dodi Reza Tetap Kuat

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Siapa figur yang akan meneruskan kepemimpinan H Alex Noerdin di Partai Golkar Sumsel? Menurut pengamat Politik Adrian Saptawan ada tiga kandidat yang memiliki potensi untuk mencalonkan diri sebagai ketua yakni Dodi Reza Alex (Bupati Muba), Kahar Muzakir (Anggota DPR RI), dan Ridho Yahya (Wali Kota Prabumulih).

"Syarat mencalonkan sebagai Ketua DPD Golkar Sumsel kan sudah dibeberkan Steering committee yakni wajib aktif, dan terus menerus menjadi anggota partai sekurang kurangnya lima tahun, dan tidak pernah menjadi anggota partai politik lainnya. Selain itu, pernah menjadi pengurus Partai Golkar, baik di tingkat pusat, provinsi maupun Kabupaten/kota. Nah ketiganya punya semua," ungkap Adrian di Graha Kopi Times, Jumat (28/2/2020).

Menurutnya ada empat kriteria yang harus dimiliki agar dapat menjadi pemimpin partai politik. Yakni jaringan, ekonomi, kemampuan, serta kecenderungan pemilih (kelompok) pada parpol itu sendiri.

"Dan ternyata ketiganya pun memiliki juga terutama Bupati Muba dengan terobosan-terobosannya selama memimpin Kabupaten Muba. Tak ada keraguan, tinggal bagaimana mereka meyakinkan jajaran partai Golkar untuk memilih," tandasnya.

Ditempat yang sama Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) Arianto menambahkan, pihaknya telah melakukan survey mengenai calon Ketua DPD Partai Golkar.

"Survei dilakukan pada tanggal 15-24 Pebuari 2020. Metode penarikan sampel dalam survei ini dengan menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden yang diambil 820 responden yang tersebar di Daerah Pemilihan Provinsi Sumatera Selatan secara proporsional," tutur Arianto.

Berdasarkan hasil survei, rata-rata responden memilih Dodi Reza Alex sebagai Ketua DPD Partai Golkar. Sementara Kahar Muzakir dan Ridho Yahya bersaing ketat angkanya.

"Saya tak bisa merinci tapi memang hasilnya menunjukkan responden memilih Dodi Reza. Yang diharapkan masyarakat dari seorang ketua Partai adalah Kepedulian kepada masyarakat, bersih dari isu korupsi, kepintaran, dan kemampuan untuk merangkul kepengurusan," pungkasnya.

Menurut informasi dihimpun globalplanet, pendaftaran calon ketua DPD I Golkar Sumsel telah ditutup Jumat sore (28/2/2020). Masih menurut informasi tersebut, dari tiga nama kandidat yang disebutkan di atas, hanya Dodi Reza yang telah mendaftarkan melalui utusannya.

 

Share

Ads