loader

100 Anggota PPK Hasil Seleksi Ketat Dilantik KPU OKU Timur

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Pelantikan dipimpin Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI. Pelantikan berlangsung di halaman Kantor KPU OKU Timur pada Sabtu (29/02/2020). Jumlah PPK yang dilantik 100 orang.

Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya, S.SosI, mengatakan, pelantikan berdasarkan SK KPU OKU Timur Nomor: 09/HK.03.1-Kpt/1608/KPU-Kab/II/2020 tentang pengangkatan anggota PPP se OKU Timur Untuk Pemilihan bupati dan wakil bupati 2020.

Satu kecamatan lima PPK, karena OKU Timur memiliki 20 kecamatan sehingga PPK yang dibutuhkan 100 orang Tugas yang diemban PPK cukup berat. Sehingga dibutuhkan profesionalisme. Perekrutan PPK melalui proses yang panjang. Diawali pendaftaran kemudian seleksi administrasi.

Jumlah berkas pelamar PPK yang masuk 392 berkas. Setelah dilakukan seleksi administrasi peserta yang mengikuti tes wawancara sebanyak 200 orang 100 peserta dinyatakan lulus.

Keterbatasan kemampuan Pemkab OKU Timur tidak sama dengan daerah lain. Honorarium PKK sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

"Saya ingatkan PKK jangan melanggar fakta integritas dan harus profesional," tambahnya.

Tugas yang dilaksanakan PPK merupakan tugas yang mulia jangan sampai ada intervensi di bawah. "Kita berniat kita menghasilkan pemimpin yang cinta dengan rakyat dan daerah,"ungkapnya.

Herman juga menambahkan, tahapan yang dilakukan sedang melakukan ferivikasi administrasi Balon perseorangan dan ada satu Balon perseorangan yang sudah memasukan berkas. Kemudian nanti dilanjutkan oleh PPK. Kemudian pembentukan PPS. PPK harus segera berkoordinasi dengan unsur pimpinan di tingkat kecamatan dan segera mensosialisasikan tentang pelaksanaan Pilkada.

Pada 2010 OKU Timur pada pelaksanaan Pilkada dengan tingkat partisipasi tertinggi mendapat penghargaan darin MURI dan 2019 KPU OKU Timur mendapat penghargaan dengan tingkat partisipasi terbaik di Sumsel,imbuhnya.

Komisioner KPU Sumsel Amran Muslimin, menambahkan, dengan pelantikan ini sebagai tonggak awal perjalanan hidup dan harus bercita-cita untuk menjadi anggota KPU kabupaten dan provinsi. Bekerja harus sesuai aturan yang menaungi dan jangan melanggar aturan.

OKU Timur salah satu kabupaten di Sumsel yang ada calon perorangan Pilkada 2020 Pilkada terakhir seluruhnya dilaksanakan pada 2024. Apakah metode pemilihan langsung apakah masih efektip. Jika dalam pembahasan tidak efektip mungkin akan dikembalikan pada perwakilan. "Kami mencatat OKU Timur dalam pelaksanaan pesta demokrasi dengan partisipasi yang cukup tinggi,"ujarnya.

Assisten I Setda OKU Timur Dwi Suprianto, honor bukan sesuatu alasan untuk mengabdi. Segera lakukan konsolidasi intenal dan eksternal. Tetap dengan koridor sebagai penyelenggara yang netral.

"Inilah kondisi keuangan kita tidak ada Migas kita hanya mengandalkan APBD dan DAK," tegasnya.

PPK

Share

Ads