Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi: Ist

06 Desember 2017 12:04:05 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Pada musim tanam kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Pertanian menggelontorkan 37,5 ton benih padi hibrida jenis ciherang dan mekongga. Benih tersebut akan disebar kepada 109 petani dengan jumlah lahan mencapai 1.500 hektar (ha).

Wali Kota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, pihaknya melakukan pembagian benih untuk mendukung program nasional. Untuk itu, sektor pertanian menjadi perhatian seperti saluran irigasi, akses pertanian dan perkebunan, bibit serta kebutuhan pupuk bagi petani.

"Kedepan, tidak akan ada lagi sawah di Kota Pagaralam kesulitan air. Terlebih lagi di Kecamatan Dempo Selatan, karena melalui irigasi lematang akan mengairi 6.000 hektar sawah di kawasan tersebut," ujar Ida saat dikonfirmasi GLOBALPLANET.news, Rabu (6/12/2017).

Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam, Jumaldi Jani melalui Kepala Bidang (Kabid) Produksi, Sulhadi Thamrin mengatakan, pihaknya membagikan benih varietas ciherang dan mekongga. Bantuan yang sudah digelontorkan untuk tanam seluas 1.500 hektar, kepada sedikitnya 109 kelompok tani di lima kecamatan.

‎"Bantuan benih padi ini dari Kementerian Pertanian melalui dan APBN. Total bantuan ini untuk luas tanam mencapai 1.500 hektar. Benih padi hibrida varietas ciherang dan mekongga,” ujar dia.

Sementara, untuk banyaknya benih padi yang disalurkan, lanjut Sulhadi, ciherang dan mekongga masing-masing untuk tanam 750 hektar dengan kebutuhan benih setiap satu hektarnya mencapai 25 kilogram. Jadi total benih yang disalurkan 37,5 ton. Harapan kedepan, dengan adanya bantuan benih padi dari Kementerian Pertanian (Kementan) ini produksi dan produktivitas padi di Kota Pagaralam terus terdongkrak.

"Diharapkan program ini dapat meningkatkan kesejahteraan para petani yang ada di Kota Pagaralam. Jadi, dengan bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik," tegasnya.‎

Sementara, Ramli (50), salah seorang petani di Dusun Tanjung Menang, Kelurahan Perahu Dipo, Kecamatan Dempo Selatan menuturkan, pihaknya sangat senang dengan adanya bantuan benih ciherang yang didapat. Setiap anggota kelompok mendapat sekitar 5 kampil, berisi 5 kilogram benih padi ciherang.

"Jika beli di toko pupuk, benih padi ini tidak murah. Alhamdulillah, dengan adanya bantuan benih padi ini kita para petani sangat terbantu. Tidak perlu lagi beli mengeluarkan biaya untuk tanam nantinya,” tukasnya.

Reporter : Yayan Darwansyah Editor : Hertha Della 755