loader

Sedap Segar Pindang Iga Sapi Ibu Ita di Palembang

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Pindang iga sapi khas Palembang ternyata bermanfaat baik bagi tubuh, yakni mampu mencegah bakteri masuk. Pasalnya pindang ini dibuat dengan bahan rempah-rempah asli Indonesia dan tanpa bahan penyedap.

Kali ini globalplanet.news akan membagikan resep Pindang Iga Sapi dari restoran online Cik Puan milik Ibu Ita Ismail yang berlokasi di Jalan Sukabangun I, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang.

Ita Ismail selaku pemilik restoran ketika dijumpai, Minggu (8/3/2020) menjelaskan, dalam pembuatan pindang iga sapi memerlukan bahan rempah untuk memberikan aroma menggoda dan tidak menimbulkan amis dari daging sapinya. Serta membuat rasa kuah kaldu lebih lezat.

Masakan berkuah ini memiliki rasa lezat dan gurih, apalagi jika dikreasikan dengan nanas rasanya akan makin segar. Pindang iga sapi akan jauh lenih nikmat jika disantap dalam keadaan hangat. Jika menyukai rasa pedas bisa menambahkan cabai rawit kedalamnya.

"Siapkan asam jawa yang sudah dicairkan, kemudian geprek daun serai, lengkuas dan daun salam. Sementara bahan yang diblender adalah cabai, jahe, kunyit, bawang merah dan bawang putih lalu campurkan ke dalam rebusan daging iga sapi," kata Ita.

Ita menerangkan, awalnya daging iga sapi harus direbus selama kurang lebih satu jam. Setelah setengah matang baru tambahkan bumbu-bumbu yang telah disediakan. Hal tersebut dilakukan agar bumbu meresap ke dalam daging.

"Kemudian saat merebus daging iga sapi, masukkan nanas yang telah dipotong. Nanas berguna sebagai bahan yang mempercepat atau membuat daging lebih cepat empuk. Selaim itu, nanas juga membantu menghilangkan aroma pengar," jelasnya.

Setelah rebusan daging iga sapi hampir matang dan telah ditambah rempah-rempah yang digeprek serta dihaluskan. Langkah selanjutnya yakni menambah bumbu pelengkap seperti gula dan garam.

"Sesuai selera nambahnya, dicicip biar lebih pas rasa gurihnya. Masukan asam jawa, gula, garam dan kecap bersamaan lalu aduk hingga rata. Tunggu daging iga sapi hingga matang dan air mendidih, lalu siap disajikan," ujar dia.

Selanjutnya lanjut Ita, jika Pindang iga sapi telah masak, agar tampak lebih estetik dan berwarna. Sebagai tambahan, buatlah sajian pindang lebih cantik dengan menambahkan kemangi dan cabai rawit.

"Supaya lebih segar juga, saat kuah masih hangat dan setelah masak pindang iga sapinya tuangkan ke mangkuk lalu sajikan dengan tambahan kemangi dan cabai rawit di tengah-tengah pindang, atau tambahkan lalapan lain seperti rebusan mentimun, wortel, dan kubis. Serta jangan lupa kasih sambal buah terasi, dan nasi untuk dikonsumsi," tuturnya.

Share

Ads