loader

Tembak Petugas Saat Ditangkap, Pembunuh Kadus Tampang Baru Tewas Diterjang Timah Panas

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Warga Dusun II Desa Tampang Baru Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Musi Banyuasin ini merupakan pelaku pembunuhan Kepala Dusunnya sendiri yakni M Zainudin.

Umil digerebek tim gabungan dari Unit Jatanras Dit Krimum Polda Sumsel, Sat Reskrim Polres Muba dan Polsek Bayung Lencir di tempat persembunyiannya Desa Lebuk Karet Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

Saat hendak ditangkap, sekitar pukul 04.00 WIB, Minggu (8/3/2020), Umil memberikan perlawanan dengan melepaskan tembakan kearah petugas menggunakan senjata api rakitan. Petugas pun mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak pelaku dan mengenai dada bagian kiri sebanyak dua kali.

"Penangkapan pelaku ini beradasarkan hasil oleh TKP dan pemeriksaan sak-saksi serta barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian dan rumah pelaku," ujar Kapolres Muba AKBP Yudhi Surya Markus Pinem.

Selanjutnya, sambung dia, dilakukan gelar perkara, sehingga disimpulkan pelaku yang melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan dan atau tindak pidana pembunuhan terhadap korban M Zainudin yang terjadi di perkebunan karet PT. CITRA di Desa Tampang Baru Kecamatan Bayung Lencir Kabupaten Muba.

"Tim gabungan langsung melakukan penyelidikan keberadaan dan pengejaran terhadap pelaku. Saat akan dilakukan upaya paksa, pelaku melakukan perlawanan dengan melepaskan tembakan kearah petugas," jelas dia.

Mendapati hal itu, sambung Pinem, diambil tindakan tegas terukur. Dimana petugas berhasil melumpuhkan pelaku dengan timah panas tepat pada baguan dada sebelah kiri. "Dalam perjalanan kerumah sakit tersangka meninggal dunia," tandas dia.

Sekedar informasi, warga Desa Tampang Baru Kecamatan Bayung Lencir, sekitar pukul 08.30 WIB, Kamis (5/3/2020) dikejutkan dengan penemuan mayat di areal kebun karet milik PT Citra.

Mayat bersimbah darah dengan luka bacokan pada bagian tangan sebelah kiri, kepala sebelah kiri dan kanan, serta leher bagian belakang itu diketahui bernama M Zainudin yang merupakan Kepala Dusun (Kadus) II Desa Tampang Baru. 

Kuat dugaan, M Zainudin meninggal dunia usai memergoki dan mengejar pencuri getah karet di kebun miliknya.

Share

Ads