loader

Aplikasi Lancang Kuning Nusantara Untuk Mengatasi Karhutlah di Sumsel

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara diresmikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis di Balai Serindit, Gedung Daerah Provinsi Riau, Senin (9/3/20).

Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan SIK SH MH mengatakan ada aplikasi baru untuk penanggulangan dan penanganan Karhutla di Indonesia. Aplikasinya adalah aplikasi Lancang Kuning Nusantara yang di launching langsung oleh bapak Kapolri dan Panglima TNI di Riau hari ini.

“Aplikasi ini berisi data, baik data personel, data lahan gambut, data embung, data angin, data cuaca semua yang berkaitan dengan Karhutla ada di aplikasi Lancang Kuning Nusantara ini,”kata Rudi Setiawan usai menyaksikan peluncuran aplikasi Lancang Kuning Nusantara Senin (9/3).

Data inilah kata Rudi yang akan di olah Posko Karhutla gunanya untuk mempermudah dan mempercepat dalam upaya penanggulangan Karhutla.

“Sumsel yang berpotensi terjadinya Karhutla. Sebagai upaya antisipasi pencegahan Karhutla kami sudah menyiapkan beberapa Posko yang kami dirikan dan tentunya akan dikoordinasikan dengan gubernur selaku kepala daerah,”tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan Rudi, Posko Karhutla di Sumsel yang akan didirikan adalah di kantor gubernur, di Korem 044 Garuda Dempo, di Polda Sumsel, BNPB Sumsel. Dan yang terbaru pihaknya akan merekrut relawan penanggulangan bencana Karhutla di Sumsel.

“Karena di ketahui pada tahun 2019 lalu banyak masyarakat yang berunjuk rasa menuntut percepatan penanganan Karhutla di Sumsel. Untuk itu diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar bisa bergabung menjadi relawan Karhutla bahu membahu dalam menanggulangi Karhutla di Provinsi Sumsel yang kita cintai ini,”harapnya.

Masyarakat juga kata Rudi bisa mendownload aplikasi Lancang Kuning Nusantara tentunya dengan vitur vitur yang terbatas.

“Silakan download aplikasi Lancang Kuning Nusantara ini handphone Android yang kita miliki,”pungkanya.

 

Share

Ads