loader

Rumah di Desa Celika Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 375 Juta

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Rumah panggung berukuran 8,5 m x 12 m, yang terletak di RT 06, Dusun III, Desa Celika ini diketahui milik almarhum (alm) Muhammad Salim bin Rejab, yang merupakan orang tua kandung dari Ahmad Zaini, eks Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupan OKI, yang dihuni sebanyak 3 orang kepala keluarga, M. Sidik (55), Kasim (53) dan Nawawi (42) yang masing-masing memiliki istri dan anak.

Salah satu penghuni rumah, Kasim (53) saat di konfirmasi mengatakan, pada saat dirinya terbangun dari tidur api sudah mulai membesar dan membakar salah satu ruang kamar yang dihuni oleh adik ipar laki-lakinya yang bernama Mamat. 

"Ketika itu api sudah membakar semua bagian didalam rumah dan terus membesar, sehingga membuat kami semua panik dan hanya berpikir untuk keluar menyelamatkan semua keluarga yang tinggal dirumah kami," katanya.

Api yang cepat membesar dan membakar rumah menyulitkan kami untuk menyelamatkan barang-barang berharga milik kami. Dari 5 unit sepeda motor, hanya 3 unit yang berhasil diselamatkan, bahkan surat-surat penting dan barang berhargapun tidak sempak kami selamatkan, hanya tersisah baju yang menempel dibadan.

"Alhamdulillah kami sangat bersyukur sekali masih dilindungi Allah SWT, lantaran keluarga kami yang mendiamai rumah ini semuanya selamat dan hanya mengalami luka bakar ringan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pol PP dan Damkam, A. Rahman, S.Sos, melalui Sekretarisnya, Syawal Arahap, SH, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa kebaran yang terjadi di Desa Celika Kecamatan Kayuagung, yang membakar rumah warisan milik orang tuanya alm. Muhammad Salim bin Rejab, orang tua kandung dari Pak Ahmad Zaini mantan Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten OKI.

"Pada peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa dan hanya 1 korban yang mengalami luka bakar ringan, yakni Darmina yang nerupakan istri dari, M. Sidik. Adapun kerugian yang dialami kurang lebih mencapai Rp375 juta, sedangkan dugaan sementara api berasal dari konsleting listrik dibagian tengah rumah," jelasnya.

Ditambahkannya juga, pada peristiwa kebakaran tersebut berdampak juga pada 5 unit rumah milik warga yang berada disekitarnya, beruntung kami cepat mendapat laporan dari, anggota Sat Pol PP Jecky, yang ketika itu sedang piket dirumah dinas Wakil Bupati OKI, sehingga pihak kami dapat cepat terjun kelokasih membawa 2 unit mobil pemadam, berikut juga bersama 15 orang personilnya.

"Berkat bantuan dari Kades Celika, Kartiwan yang bergerak cepat mengajak masyarakat Desa Celika untuk turut membantu kami, sehingga api dapat dipadamkan secara keseluruhan lebih kurang 1 jam lamanya. Adapun rumah yang berhasil kita padamkan dari dampak meluasnya kebakaran yakni, rumah milik, Isak Matcik dan Arifin disebelah kanan yang mengakibatkan displang dan dapur milik rumahnya terbakar. Lalu rumah milik Saidina Angkasa, yang berada disebelah kanan, kemudian rumah milik, Abu Heri disebelah belakang dan rumah Zubaiah yang berada disebelah kiri, semuanya terbakar dibagian displang rumah milik mereka," bebernya.

Kades Celika, Kartiwan menambahkan, dirinya sangat mengapresiasi kesigapan para petugas pemadam kebakaran Kabupaten OKI, terlebih lagi kepada warga Desa Celika yang turut bahu membahu bersama dalam memadamkan api, sehingga api tidak merembet kerumah warga lainnya yang telah terbakar dibagian displangnya. 

Share

Ads