Berita :: GLOBALPLANET.news

12 Maret 2020 14:05:14 WIB

PRABUMULIH, GLOBALPLANET - Menuju dan mewujudkan greend hospital, RSUD Prabumulih terus berupaya. Setelah tanaman obat keluarga (Toga) kini pihak rumah sakit mencoba memanfaatkan halaman sekitarnya dengan bercocok tanam sistem hidroponik.

Sejumlah sayuran dikembangkan dan ternyata berhasil dan sayuran hidroponik tersebut mulai bisa dipanen. Direktur RSUD, dr H Efrizal Syamsuddin menerangkan, tahap awal sebanyak 2 petak sayuran hidroponik.

“Sudah kita tambah lagi 2 petak, 2 petak pertama sudah siap panen. Sayuran hidroponik kita tanam meliputi; pakcoy, bayam merah, sawi, selada, seledri, dan lainnya,” jelas Efri, sapaan akrabnya, kamis (12/3/2020).

Ucapnya, adanya tanaman hidroponik ini bisa menambah asri rumah sakit dan juga membuat pasien lebih nyaman. “Selain untuk kebutuhan pegawai, mengajak hidup sehat. Ke depannya, guna kebutuhan pasien jika memang budidaya lebih besar,” terangnya.

Selain itu, kata dia, juga bisa dijadikan percontohan bagi rumah sakit lain. Kalau, lahan yang ada di rumah sakit, bisa dimanfaatkan untuk budidaya sayuran secara hidroponik.

“Kita lihat ke depan, kalau memungkinkan petak-petak sayuran hidroponik ini terus kita tambah. Sehingga, produksi sayuran hidroponik bisa jauh lebih banyak hasilnya,” pungkasnya. 

Sebelumnya, sesuai keinginan Wali Kota (Wako) Ridho Yahya, pantauan awak media di RSUD dipenuhi berbagai aneka toga.

Ke depannya, toga ini bisa dikombinasikan pengobatan medis dan juga herbal. Dan, jelas itu jauh bermanfaat untuk pelayanan kesehatan di RSUD. 

Reporter : Hardoko Susanto Editor : Zul Mulkan 112