loader

Cegah Wabah Virus Covid-19, Muba Lakukan Pengawasan Hingga ke Desa

Foto

MUBA, GLOBALPLANET - Hal tersebut dalam rangka menyikapi terkait wabah Covid-19 atau virus corona.

"Sesuai arahan Bupati Muba, kepada camat saya minta agar proaktif melakukan pengawasan serta mengumpulkan semua kepala desa untuk memberikan informasi terkait orang-orang (warga) yang baru datang dari luar Kabupaten Muba, walaupun kabupaten Muba dalam status siaga darurat," ujar Apriyadi, Jumat (20/3/2020).

Pengawasan terasebut, sambung dia, untuk memastikan riwayat perjalanan seseorang, terutama yang datang dari daeran pandemi Covid-19. Sehingga, data maupun kondisi kesehatan dari pendatang, masyarakat pulang berlibur juga dapat dipastikan apakah dalam kondisi sehat atau tidak.

"Orang-orang yang habis berlibur dan pendatang baru, kita harapkan agar bisa dapatkan datanya, berasal dari mana. Demikian juga kondisi kesehatanya kita juga harus tahu sehat apa tidak. Kalau tidak sehat setiap Puskesmas sudah ada home visit home care bisa langsung di panggil untuk melakukan pemeriksaan," jelas dia.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin dr H Azmi Dariusmansyah MARS, mengatakan, tim sosialisasi covid – 19 dibagi menjadi enam tim dan terus melakukan sosialisasi ke perkantoran, rumah makan, penginapan dan tempat ibadah yang ada di Kabupaten Muba.

"Sosialisasi covid – 19 dimulai pada tanggal 18 Maret sampai dengan 20 Maret 2020," kata dia.

Sosialisasi tersebut meliputi pengetahuan tentang covid – 19, enam langkah cuci tangan dan etika batuk, menyarankan untuk menyediakan tempat cuci tangan, melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsep Germas seperti makan buah dan sayur, memperbanyak aktifitas fisik serta mengajarkan cara melakukan disinfektan permukaan di tempat pelayanan publik dan perkantoran.

"Selain melakukan sosialisasi, Dinkes Muba juga rutin melakukan penyemprotan disinfektan dan penyemprotan tersebut dilakukan secara bertahap," tandas dia.

Share

Ads