loader

Cegah Covid-19, Ini Yang Dilakukan Desa - Desa di Kecamatan SP Padang

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Kepala Desa Terate, Kecamatan SP Padang, Hamdani Bin Supardansyah, menjelaskan bahwa setelah dilakukannya rapat ditingkat Kecamatan SP Padang, yang dihadiri oleh unsur tripika kecamatan, kepala puskesmas dan Kepala Desa se- Kecamatan SP Padang, Kamis (26/3/2020) kemarin.

"Lalu pada hari ini, Jumat (27/3/2020), kami langsung menjalankan gugus tugas masing-masing, seperti halnya yang saya lakukan pada hari ini dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di tempat keramian dan rumah ibadah yang ada di Desa Terate," ujar Hamdani sembari menjelaskan bahwa hari ini setelah dilakukan penyemprotan, masyarakat tetap melakukan sholat Jumat berjamaah seperti biasa sesuai keinginan mereka.

Penyemprotan cairan deainfektan dilakukan untuk membunuh virus atau bakteri, ini salah satu mencegah penyebaran virus Covid-19 sesuai dengan pembahasan pada rapat kemarin.

Tidak hanya itu saja, Pemerintah Desa Terate juga melakukan pendataan terhadap orang yang baru pulang dari luar kota dan masuk ke desa, baik itu orang dalam desa maupun orang luar desa dan tercatat ada 17 orang warga Desa Terate yang baru pulang dari luar kota, bahkan ada yang baru pulang dari Papua.

"Walaupun mereka sehat dan tidak ada gejala, mereka tetap orang dalam pantauan (ODP), untuk di lakukan pemantuan 14 hari dengan isolasi mandiri di rumah masing-masing," ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Desa Tanjung Alai, Kasmir Martadinata, dalam upaya masif yang dilakukan, pemerintah Desa Tanjung Alai bekerjasama dengan pihak puskemas mendirikan posko pemeriksaan terhadap sopir-sopir truck yang masuk ke desa, sesuai dengan pembahasan dan arahan pada rapat yang digelar di Kantor Camat SP Padang kemarin," katanya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo OKI, Alexsander, S.Ip, M.Si, melalui Kabid Pelayanan dan Komunikasi Publik, Adiyanto, S.Pd, menjelaskan bahwa untuk update informasi terkini mengenai Covid-19, saat ini Kabupaten OKI masih dalam situasi yang aman, tercatat pada hari ini, Jumat (27/3/2020), orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 16 orang, pasien dalam pantauan (PDP) 1 orang dan untuk pasien suspect terinfeksi Covid-19 tidak ada atau 0," bebernya sembari menjelaskan jika ingin mengetahui informasi silakan kunjungi situs resmi tanggap corona Kabupaten OKI di http://corona.kaboki.go.id/

Share

Ads