Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto hanya ilustrasi: Ist)

28 Maret 2020 13:33:00 WIB

GLOBALPLANET - Setiap orang memang memiliki karakternya sendiri-sendiri, negatif maupun positif. Namun harus disadari setiap orang juga punya rejeki sendiri – sendiri.

Namun setiap yang kita hadapai bagian dari melatih diri untuk menjadi lebih baik. Karena orang yang selalu memperbaiki diri adalah yang paling beruntung di muka bumi. Ketika memiliki teman atau saudara yang sombong juga adalah salah satu ujian bagi kita.

Menghadapi orang seperti ini memang tidak muda. Bikin sakit hati namun dilawan juga buang-buang energi. Namun sebaiknya perhatikan beberapa tips jitu berikut ini:

Cuek saja

Jangan pernah memberi celah orang sombong dan tukang pamer untuk unjuk gigi dengan apa yang mereka miliki. Cukup abaikan dan anggap mereka tidak ada.

Bukannya ingin menyakiti hari mereka ya, meskipun memang sedikit karena terbersit, tapi cara ini adalah jurus ampuh. Kenapa? Agar dia sedikit sadar bahwa perkataannya hanyalah kesombongan semata.

Hadapi dengan santai

Menghadapi orang sombong adalah buat suasana hati dan pikiran sesantai mungkin. Anggap saja mereka hanya angin lalu. Seperti kata pepatah yang terkenal, “Anjing menggonggong kafilah berlalu.” Dunia masih sangat indah dengan ada atau tidaknya mereka.

Jangan tersinggung

Mengelola hati, tidak mudah tersinggung, dan jangan mudah terpancing emosi adalah kunci utama. Kesabaran yang lebih akan dapat melancarkan kecuekan Anda untuk menganggap mereka angin lalu. Jika sekali saja Anda terpancing dengan kesombongan mereka, tentu orang tersebut akan semakin menjadi-jadi dengan sikapnya.

Namun ketika kesabaran Anda sudah sampai di batasnya, ada baiknya untuk tinggalkan atau jangan temui orang sombong tersebut. Untuk jaga-jaga saja agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikan senyuman

Tetap santai, fokus, dan tersenyum. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda memang tidak terpengaruh dengan segala perkataan mereka, entah itu nyata atau bualan saja. Bersikaplah elegan dan tetap tenang, meskipun mungkin di dalam hati Anda memang sangat ingin mematahkan lehernya.

Terkadang orang sombong yang suka pamer sebenarnya hanya membutuhkan pengakuan tinggi dari orang lain, terlebih yang tidak bernasib lebih baik dari dirinya.

Lawan sombong dengan kesederhanaan

Memberikan perlakuan yang berbeda merupakan salah satu langkah untuk menghadapi orang sombong yang cukup efektif. Sebagai contoh, memberikan hadiah yang tidak mahal atau mengajak mereka pergi ke tempat sederhana.

Dengan begitu mungkin saja kawan atau saudara Anda akan membuka mata dan pikiran bahwa tak hanya yang mewah saja yang penting. Sesuatu yang sederhana juga dapat bernilai harganya karena yang dibutuhkan hanyalah sudut pandang yang berbeda.

Sindir secara halus

Tidak perlu banyak bicara omong kosong untuk menghadapi orang yang sombong dan suka pamer. Cukup keluarkan beberapa kata sindiran sedikit tapi menusuk hingga ke tulang orang tersebut.

Menyindir boleh saja, asal dilakukan dengan cara yang tepat dan waktu yang pas. Dengan begitu orang tersebut akan diam dan bisa introspeksi diri. Setidaknya untuk saat itu ketika sedang bersama Anda.

Jangan membalas orang sombong

Tetap tenang dan jangan pernah terpancing untuk membalas kesombongan mereka meskipun tidak dapat dipungkiri mungkin Anda ingin sekali membalas. Hal positif yang Anda miliki adalah tidak punya sifat sombong seperti dia.

Hindari persaingan

Perlu diketahui bahwa orang sombong tidak suka kalah dan tidak akan pernah bisa mengalah. Jika dia sudah menceritakan kesombongannya, cerita tersebut akan beranak dan menjadi semakin panjang.

Untuk itu, menghindari persaingan adalah strategi jitu untuk menghadapi orang sombong yang dapat Anda lakukan. Kenapa?

Bersaing hanya akan menguras energi. Bersaing dengan orang sombong ibaratnya seperti menyiram bensin ke dalam api, tidak akan pernah padam. Malah mungkin akhirnya melahirkan kesombongan atau parahnya bualan semu.

Tegur dengan elegan

Langkah selanjutnya ketika bertemu dengan orang sombong dan suka pamer adalah tentu saja menegur mereka. Terlebih jika Anda memang dekat dengan mereka, misalnya saudara atau sahabat.

Percaya diri saja

Salah satu hal positif dari orang yang sombong dan suka pamer adalah tingkat kepercayaan diri mereka yang tinggi. Dengan menceritakan apa yang mereka miliki dan mereka raih tentu akan membuat Anda terintimidasi. Akhirnya Anda menjadi tidak cukup percaya diri dan tidak tahu lagi harus bersikap apa.

Solusinya adalah Anda harus menjaga rasa percaya diri Anda ketika orang tersebut mulai menyombong. Jangan biarkan rasa percaya diri Anda turun ataupun hilang.

Namun yang lebih penting Anda jangan terbawa emosi lho. Hitung-hitung beramal agar orang lain menjadi lebih baik kan? Semoga berhasil!

 

 

Sumber: tipspengembangandiri

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 1287