loader

Cegah Covid-19, Ini Yang Dilakukan Gugas SP Padang dan Anggota DPRD OKI Irawansyah

Foto

OKI, GLOBALPLANET - Pantauan GLOBALPLANET, Minggu (5/4/2020) di Desa Terate Kecamatan SP Padang, Pemdes Terate bersama anggota Koramil dan Polsek SP Padang yang dibantu juga oleh anggota Sat Pol PP Pemkab OKI, terlihat sedang melakukan himbauan kepada masyarakat yang sedang berbelanja di pasar kalangan Desa Terate.

Himbauan yang disampaikan oleh Pemdes Terate bersama anggota TNI, Polri dan Sat Pol PP.

"Pasar tradisional Desa Terate atau yang biasa disebut masyarakat pasar kalangan, dibuka setiap satu minggu sekali yakni pada hari minggu," ujar Kades Terate, Hamdani Supardansyah didampingi oleh anggota Babinsa Koramil SP Padang/Jejawi dan  Bhabinkamtibmas Polsek SP Padang.

Lanjutnya, pasar yang dibuka 1 minggu sekali ini merupakan pasar yang menjadi tempat masyarakat Desa Terate dan desa-desa tetangga yang ada di Kecamatan SP Padang, untuk berbelanja keperluan sembako dan lainnya selama 1 minggu, hingga akan kembali berbelanja pada minggu depannya lagi.

"Setelah mempertimbangkan beberapa hal yang penting, tanpa mengesampingkan aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah. Pasar kalangan ini dinilai penting bagi masyarakat, karena tanpa harus keluar jauh masyarakat dapat membeli kebutuhan sehari-hari selama 1 minggu," bebernya.

Masih katanya, disamping itu juga kewaspadaan terhadap Covid-19 yang menjadi tugas kami, juga kami lakukan.

Bersama dengan anggota TNI, Polisi dan Pol PP, kami berkeliling pasar memberikan himbauan kepada masyarakat, agar menggunakan masker dan cepat pulang kerumah ketika keperluannya telah terbelih, kemudian mandi dan ganti pakaian," katanya sembari menjelas bahwa setelah basar yang dibuka pada jam 8 pagi hingga jam 12 siang ini selesai, maka penyemprotan disinfektan akan kita lakukan untuk mensterilkannya kembali.

Bripka Choky dan Bisnu juga menambahkan, selain dari pada himbauan yang terus kita sampaikan kepada masyarakat, Bhabinkamtibmas Polsek SP Padang juga bersama desa-desa binaan, telah melakukan penyemprotan disinfektan bersama pemerintah desa.

Penyemprotan yang dilakukan oleh anggota DPRD OKI dari Partai Hanura, Irawansyah di Desa Tanjung Alai.

"Seperti halnya yang dilakukan oleh Bripka Bisnu yang beberapa hari yang lalu melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Desa Ulak Jeremun," jelasnya.

Terpisah, penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan di Desa Tanjung Alai, yang dilakukan oleh anggota DPRD OKI dari Dapil 2 Partai Hanura, Irawansyah bersama dengan pemerintah desa dan masyarakat Desa Tanjung Alai secara gotong royong.

"Bersama dengan Kades dan masyarakat, kami melakukan penyemprotan cairan disinfektan di desa kami. Penyemprotan dilakukan secara manual ke rumah-rumah warga yang berada di dalam lorong dan sebaginya," ujar Anggota DPRD OKI, Irawansyah didampingi Kades Tanjung Alai, Kasmir Martadinata yang merupakan adik kandungnya.

Selain melakukan penyemprotan, kami juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan diri. Warga juga diingatkan untuk mematuhi peraturan pemerintah. 

"Bagi warga yang baru datang dari luar desa terutama daerah yang terpapar corona untuk segera melapor ke pemerintah desa dan petugas Puskesmas terdekat, sehingga bisa diketahui kondisi kesehatannya," ujar Irawansyah sembari menjelaskan sebagai wakil rakyat kita selalu mengingatkan masyarakat agar selalu membiasakan pola hidup sehat, penyemprotan ini sebagai bukti kepedulian kita kepada masyarakat. 

Share

Ads