loader

Bangkitkan Ekonomi Desa, BUMDes di Lahat Terus Bertambah

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Menurut data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Lahat, dari 360 desa, telah berdiri 166 BUMDes. "Ada 11 desa di Kabupaten Lahat yang mendirikan BUMDes di tahun 2020 ini, mungkin akan nambah lagi karena ini kan awal tahun," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMDes) Kabupaten Lahat Ekman Mulyadi melalui Kabid Pembangunan UEM Kerjasama Desa DPMDES Lahat, Elis Suryati, Senin (6/4/2020).

Pendirian BUMDes ini sangatlah penting, karena BUMdes bisa membangkitkan perekonomian di desa. Terlebih bila dikelola dengan baik dan profesional.

"Kita terus dorong agar desa memiliki BUMDes. Harapannya semoga di setiap desa ada BUMdes, sehingga desa bisa meningkatkan pendapatan desa dan mengurangi pengangguran," ungkapnya.

Sementara Dodi, Kades Pengentaan Kecamatan Mulak Ulu, mengungkapkan bahwa awal tahun ini pihaknya membuat BUMDes dengan unit usaha jual beli durian, pariwisata dan kuliner. "Untuk usaha durian sudah berjalan. Lalu pariwisata bukit masih dalam proses pembangunan. Sementara kuliner rencananya makanan khas daerah," ungkap Dodi.

Di sisi lain, Direktur BUMDes Kedaton Desa Ulak Pandan, Evan Yusup mengatakan, bahwa usaha yang didirikan oleh desa, sangat berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat. "Saat ini untuk pemberdayaan pengelolaan wisata Pelancu diserahkan kepada karang taruna, diharapkan kedepan akan ada usaha usaha lainnya untuk masyarakat di desa, agar bisa meningkatkan ekonomi maupun sumber daya manusia desa," sampainya.

Share

Ads