Berita :: GLOBALPLANET.news

PC IAI Kabupaten OKI saat memberika bantua hand sanitizer kepada masyarakat. (Foto: Eko Saputra)

07 April 2020 08:07:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Maraknya isu virus Corona atau Covid-19 yang telah masuk ke wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), membuat masyarakat diwilayah Bumi Bende Seguguk mencari masker serta hand sanitizer (cairan pembersih tangan), sebagai upaya antisipasi pencegahan.

Akibatnya, kedua barang tersebut menjadi barang yang langka dan kalaupun ada harganya terbilang cukup mahal. Oleh karena itu untuk mendukung pencegahan penularan Covid-19, Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (PC IAI) Kabupaten OKI membagikan hand sanitizer secara gratis kepada masyarakat.

Ketua PC IAI Kabupaten OKI, Sigit Purnomo, S.Farm, Apt, didampingi oleh Bendaharanya Afni Rida, S.Farm, Apt, mengatakan bahwa hand sanitizer yang dibagikan secara gratis ini dibuat sendiri oleh PC IAI Kabupaten OKI dalam rangka menekan potensi penularan Covid-19.

"Kami di tahap pertama ini baru memproduksi sekitar 475 botol ukuran 100 mililiter yang dibagikan secara gratis untuk masyarakat dan tidak boleh dijual untuk umum," jelasnya, Selasa (7/4/2020).

Puluhan apoteker yang menggunakan jas warna putih ini membagikan cairan pencuci tangan ke RSUD Kayuagung dan RS Pratama Tugu Mulyo, kemudian di beberapa desa yang berada di Kecamatan Kayuagung

"Selain dibagikan ke RSUD Kayuagung dan RS Pratama Tugu Mulyo, hand sanitizer yang kami buat ini juga kami bagikan diwilayah sekitar Simpang tol Celika, Desa Serigeni, Arisan Buntal dan diseputaran kota Kayuagung," bebernya.

KSR PMI Unit Uniski yang diwakili oleh Ustazd Sabit saat memberikan bantuan kepada Kepala Bagian TU RSUD Kayuagung Fuad, S.Sos, M.Si . (Foto: Eko Saputra) 

KSR PMI Unit Uniski Serahkan Bantuan Dari Penggalangan Dana 

Kepedulian juga dilakukan oleh KSR PMI Unit Uniski, kepada tim medis RSUD Kayuagung yang merupakan garda terdepan penanganan Covid-19, menurut pria yang akrab disapa Ustad Tsabit ini mengatakan, bantuan kegiatan pertama yang dilakukan oleh KSR PMI Unit Uniski ini yakni berasal dari penggalangan dana melalui rekening.

"Adapun bantuan yang telah diberikan kepada pihak rumah sakit yang diterima oleh TU RSUD Kayuagung yakni, Pak Fuad, berupa hand sanitizer, susu, vitamin atau suplemen, alat pelindung diri berupa jas hujan," katanya.

Ustad Tsabit juga menambahkan, bahwa pihaknya masih melakukan penggalang dana untuk membelian Alat Pelindung Diri (APD) yang lebih lengkap, guna dapat membantu pihak medis yang ada di rumah sakit ataupun puskesmas dan petugas yang ada dilapangan.

"Kami berharap kepada masyarakat OKI dapat memberikan bantuan seperti yang telah kami sebarkan di media sosial facebook dan instagram KSR PMI Unit Uniski dengan nomor rekening Bank BRI 003001046578503 atas nama Likah Fauziah," jelasnya 

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Kayuagung, Fuad, S.Sos, M.Si, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada RSUD Kayuagung. 

"Bantuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada tim medis RSUD Kayuagung sebagai garda terdepan dalam menangani kegiatan covid-19 di Bumi Bende Seguguk," jelasnya. 

Berdasarkan data http://corona.kaboki.go.id/  Saat ini ada sebanyak 4.128 pelaku perjalanan wilayah transmisi, 44 orang dalam pemantauan, 34 orang tanpa gejala, pasien dalam pengaswasan tidak ada, 2 orang terkonfirmasi fositiv dan 2 orang selesai dalam pengawasan. 

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 515