Berita :: GLOBALPLANET.news

Ketua TP PKK Desa Tanjung Alai, Novi Fitri Yanti, S.Kep, bersama anggota dan ibu-ibu masyarakat Desa Tanjung Alai, saat sedang melakukan pembuatan masker. (Foto: Eko Saputra)

08 April 2020 19:34:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Dalam upaya mendukung gerakan yang digagas oleh Ketua TP PKK Kabupaten OKI, Hj. Lindasari Iskandar, yang mengkampanyekan menjahit masker sendiri, ditengah kelangkaan masker atas kekhawatiran penularan virus corona (COVID-19). Desa - desa yang berada di Kecamatan SP Padang dan Jejawi secara mandiri melakukan pembuatan masker.

"Pembuatan masker kain yang kami jahit bersama ini merupakan bentuk dukungan dari TP PKK Desa Tanjung Alai, sesuai dengan himbauan pemerintah untuk memakai masker sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19," ujar Ketua TP PKK Desa Tanjung Alai Kecamatan SP Padang, Novi Fitri Yanti, S.Kep, Rabu (8/4/2020).

Lebih lanjut, Novi menyampaikan, anggota TP PKK Desa Tanjung Alai bersama dengan ibu-ibu disini berupaya menyediakan kebutuhan masker dengan memproduksi masker kain buatan sendiri ditengah kelangkaannya.

Pemeriksaan dan penyemprotan terhadap masyarakat yang baru pulang bepergian dan hendak masuk ke Desa Tanjung Aur

"Sesuai dengan arahan pembagian masker diprioritaskan untuk masyarakat desa yang berkegiatan di tempat umum, seperti para pedagang, sopir truk dan para pekerja lainnya yang bekerja diluar," jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Jejawi, Hj. Arianti, SSTP, M.Si, ia mengatakan bahwa desa-desa di Kecamatan Jejawi telah mulai memproduksi masker kain buatan sendiri, seperti halnya laporan yang disampaikan ibu-ibu PKK desa melalui via WhatsApp.

"Bahkan ada yang sudah pada tahap pendistribusian atau pembagian masker, seperti halnya di Desa Sukadarma," bebernya.

Tidak hanya itu saja, sosialisasi juga telah kita lakukan, baik penyampaian secara lisan kepada masyarakat oleh pihak desa, maupun dengan pemasangan spanduk.

"Kemudian juga pemeriksaan terhadap masyarakat yang masuk ke desa setelah bepergian, seperti yang dilakukan oleh Desa Tanjung Aur yang mendirikan posko dijalan masuk ke desa," katanya.

Sekali lagi kami mengingatkan kepada masyarakat di Kecamatan Jejawi, agar selalu menjaga kebersihan, berkaitan dengan upaya pencegahan penularan virus Covid-19 dengan pola hidup sehat, seperti makan makanan beragam bergizi seimbang, aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari, berjemur 15 menit pada jam 10 pagi, rajin cuci tangan pakai sabun dan dengan air mengalir," himbaunya.

Foto : Ketua TP PKK Desa Tanjung Alai, Novi Fitri Yanti, S.Kep, bersama anggota dan ibu-ibu masyarakat Desa Tanjung Alai, saat sedang melakukan pembuatan masker.

Foto : Pemeriksaan dan penyemprotan terhadap masyarakat yang baru pulang bepergian dan hendak masuk ke Desa Tanjung Aur

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 371