Berita :: GLOBALPLANET.news

Di tengah virus corona dan bulan suci Ramadhan pasukan terus berjibaku menjaga kebersihan lingkungan di OKU Timur. (Foto: Dadang Dinata)

29 April 2020 09:59:56 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Petugas kebersihan atau popular disebut pasukan kuning Dinas Lingkungan Hidup (DLH) OKU Timur tetap harus bertugas di tengah ancaman virus Corona dan Ramadhan. Mereka menjalankan kewajiban untuk memindahkan sampah ke tempat pembuangan akhir.

Di saat warga yang lain dianjurkan tetap berada di rumah, menjaga jarak, menjaga kebersihan tubuh di tengah mewabahnya virus corona, namun tidak dengan mereka untuk menjaga kebersihan di Bumi Sebiduk Sehaluan. Berkat kegigihan petugas kebersihan sampai saat ini kebersihan Martapura sebagai ibu kota kabupaten terus terjaga. Pagi, siang dan sore petugas kebersihan selalu menjalankan tugas mereka. 

Meskipun keberadaan pasukan kuning sering dipandang sebelah mata namun seharusnya seluruh elemen masyarakat menyadari betapa besar jasa mereka dalam menjaga kebersihan. Untuk itu mereka juga mengharapkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Untuk menyemangati pasukan kuning dan petugas pengangkut sampah Kadin DLH OKU Timur Fauzie Bakri, S.Sos, tidak segan-segan turun langsung ke lapangan dan bercengkrama dengan pasukan kuning dan petugas pengangkut sampah. Kehadiran Kadin menjadi pemicu semangat bagi pasukan kuning dan petugas pengangkut sampah.

Fauzie Bakri mengatakan di tengah mewabahnya virus corona atau Covid-19 yang sedang melanda dan di Bulan Ramadhan tidak membuat surut semangat petugas kebersihan dan pengangkut sampah untuk menjalankan tugas. "Petugas kita terus bekerja demi menjaga kebersihan jika sampah tidak diangkut sudah dipastikan akan menumpuk," katanya.

Fauzi menambahkan setiap bulan Ramadhan volume sampah meningkat, salah satunya dikarenakan banyaknya pedagang makanan musiman. "Contohnya pedagang kelapa muda. Karena itu petugas setiap hari mengangkut sampah untuk dibuang ke lokasi pembuangan sampah," katanya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 1197