Berita :: GLOBALPLANET.news

(Foto: Ist)

09 Mei 2020 09:29:00 WIB

JAKARTA, GLOBALPLANET - Ada kabar bagus dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terkait keseriusan industri sawit dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kabar baik itu adalah pengakuan dari KLHK bahwa penanganan dan pencegahan karhutla oleh perusahan hutan tanaman industri (HTI) dan perkebunan sawit di lahan gambut semakin baik.

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan KLHK, Karliansyah menyatakan, bila semua disiplin dalam mengelola Titik Muka Air Tanah (TMAT) maka luasan kebakaran gambut bisa diminalisir dan hingga kini tercatat 3,47 juta hektare gambut sudah berhasil dipulihkan.

Dia menilai, tingkat kesiapan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan HTI dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di kawasan gambut pada tahun ini sudah sangat tinggi.

Perusahaan telah melakukan pemulihan ekosistem gambut dan sudah menetapkan titik pemantauan tinggi muka tanahnya, telah menjaga tinggi muka air tanah dengan membangun infrastruktur pembasahan, mengukur tinggi muka air tanah secara rutin setiap dua minggu sekali, dam kemudian melaporkan hasil pengukuran ke KLHK.

Dia menjelaskan, dalam mengantisipasi kebakaran dan menghadapi musim kemarau tahun ini, kementerian telah mengirimkan Surat Edaran Menteri LHK No. SE.2/2020 Tentang Antisipasi Pencegahan dan Penanggulangan Karhutla Tahun 2020. (Inilah)

Reporter : globalplanet Editor : Zul Mulkan 108