Berita :: GLOBALPLANET.news

Ilustrasi gajah liar. (Foto: Istimewa)

13 Mei 2020 03:37:00 WIB

MURATARA, GLOBALPLANET - Seorang warga, Din Peda (50) tewas dengan luka serius di kepala di Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Diduga, ia tewas diinjak gajah liar dan masuk ke area perkampungan.

Kepala BKSDA Sumatera Selatan, Genman Hasibuan saat dikonfirmasi membenarkan kabar tersebut. Din meninggal pukul 11.00 WIB di kebun sawit Bumi Makmur.

"Sekitar pukul 11.00 WIB korban ditemukan meninggal dunia. Korban warga Desa Bumi Makmur, Musi Rawas Utara," ucap Genman kepada Globalplanet.news, Selasa (12/5/2020).

Kejadian nahas itu, lanjut Genman, berawal ketika korban bersama warga mendatangi lahan kebun sawit plasma c2 di Desa Bumi Makmur. Di mana sejak pagi tadi terdapat gajah liar masuk ke perkampungan hingga lahan kebun warga.

Setiba di tempat kejadian, warga melihat seekor gajah liar di semak belukar. Tidak sampai disitu, korban bahkan mendekati gajah.

"Korban kemungkinan mau melihat lebih dekat. Namun ternyata sang gajah liar itu kemungkinan terkejut karena ramai warga dari segala penjuru," katanya.

Selanjutnya, gajah berlari ke arah korban dan kerumunan warga lain. Sayangnya, korban diduga terjatuh hingga kaki gajah menginjak tepat kepala korban.

"Melihat korban, kepala desa dan warga membawa korban pulang ke rumah duka. Sedangkan gajah masih berada di dalam kebun warga dan situasi di lokasi aman dan tak ada gejolak sosial," tutup Genman.

Untuk lokasi kejadian, diketahui terjadi di luar kawasan hutan. Gajah diduga terpisah dari kelompoknya dan saat akan masuk ke kawasan hutan terhalang dengan berbagai aktivitas masayarakat di sekeliling habitatnya.

Reporter : Rio Siregar Editor : Zul Mulkan 164