loader

Jelang PSBB, Kasus Positif Covid-19 Palembang Terus Meningkat

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri di Palembang mengatakan, 43 kasus baru pada hari ini yang berasal dari Palembang (15), Ogan Komering Ulu (15), Ogan Komering Ilir (11), Banyuasin (1) dan Lubuklinggau (1).

"Semua kasus dari Palembang berstatus transmisi lokal. Sementara untuk Kabupaten OKU semua kasus berstatus lokal kecuali kasus 293, 297 dan 305 yang masih dalam penyelidikan. Selanjutnya kasus asal OKI berstatus lokal kecuali kasus 286 yang berstatus impor," tutur Yusri, Rabu (13/5/2020).

Dua kasus lainnya yakni kasus 291 (laki-laki 1 tahun asal Banyuasin - lokal) dan kasus 307 (perempuan 35 tahun asal Lubuklinggau - lokal).

Di samping itu kasus sembuh juga bertambah 3 orang menjadi total 73 orang. "Untuk kasus sembuh juga bertambah tiga kasus menjadi total 73 orang, sementara kasus meninggal tetap sembilan orang," katanya.

Gugus tugas meminta masyarakat tidak perlu panik karena kasus-kasus positif di Sumsel hingga saat ini merupakan berasal dari klaster-klaster keluarga dan orang terdekat pasien Covid-19, baik orang yang positif maupun anggota keluarga lainnya telah dikarantina.

Selain itu masyarakat tetap perlu mengikuti imbauan dari pemerintah dengan tidak berkerumun dan selalu menggunakan masker di manapun berada, terutama di wilayah dengan kasus-kasus yang tinggi. 

"Disiplin masyarakatlah yang menjadi kunci menurunnya penularan Covid-19, biasakan selalu mencuci tangan usai beraktifitass, tidak keluar rumah jika tidak terdesak, dan perkuat imunitas dengan cukup makan, cukup tidur serta cukup olahraga," tandasnya.

Total 322 kasus positif Covid-19 Sumsel per 13 Mei tersebar di Kota Palembang (zona merah) 166 kasus, disusul Lubuklinggau (zona merah) 36 kasus, OKU (zona merah) 26 kasus, Kabupaten Ogan Komering Ilir (zona kuning) 23 kasus, Banyuasin (zona merah) 16 kasus, dan Prabumulih (zona merah) 13 kasus.

Share

Ads