Berita :: GLOBALPLANET.news

Pohon besar tumbang menutupi jalan dan menimpa warung makan di Palembang, Jumat (22/5/2020). (Foto: Rachmad Kurniawan)

22 Mei 2020 16:28:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Hujan deras disertai angin kencang menerjang Kota Palembang, akibatnya banyak pohon dan baliho tumbang yang melintang di sejumlah ruas jalan. Bahkan pohon ada yang menimpa warung milik warga.

Sekda Kota Palembang Ratu Dewa yang dijumpai ketika menyisir lokasi pohon dan baliho roboh di Jalan Radial mengatakan, cukup banyak pohon yang tumbang akibat diterjang hujan angin.

"Saya sudah menyisir sejumlah lokasi, cukup banyak pohon yang tumbang hari ini. Sekitar 5-6 reklame yang roboh. Dinas PUPR dan Satgas Pera-KP tengah menyisir pohon-pohon tumbang hari ini," kata Dewa, Jumat (22/5/2020).

Untuk memperbaiki papan reklame, Dewa menjelaskan saat ini pihaknya masih menunggu pihak PLN datang untuk membantu.

"Nah untuk baliho kami menunggu pihak PLN karena rekame ini ada aliran listrik. Saya juga koordinasi dengan Camat dan Lurah untuk memeriksa pohon-pohon yang sudah layak untuk ditebang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pera-KP kota Palembang Affan Mahali Prapanca menerangkan ada 20 laporan pohon tumbang yang terjadi akibat hujan angin siang ini. 

"Ada sekitar 20 laporan pohon roboh di seluruh wilayah Kota Palembang. Diantaranya Jalan Soekarno Hatta, Jalan Demang Lebar Daun, Jalan Talang Kerangga, Jalan Puncak Sekuning, Jalan Pom 9, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan perum sako kenten, Jalan Sofian kenawas gandus, Jalan Kapten Abdullah, Jalan Radial, dan beberapa wilayah Seberang Ulu," terang Affan.

Saat ini armada Pera-KP sudah turun ke jalan untuk menangani pohon-pohon tumbang tersebut. "Sekarang armada kami sedang menangani di lokasi-lokasi pohon tumbang. Alhamdulillah sebagian lokasi sudah tertangani," ungkapnya.

Reporter : Rachmad Kurniawan Editor : Zul Mulkan 478