Berita :: GLOBALPLANET.news

23 Mei 2020 11:14:01 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - H-1 Idul Fitri 1441 Hijriyah di tengah mewawabahnya virus corona pasar dan Jalan Merdeka Martapura tetap ramai hingga terjadi desak-desakan. Sebagian masyarakat yang berbelanja dan pedagang terlihat tidak menggunakan masker.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Sabtu (23/05/2020) situasi lalu lintas di jalan protokol Martapura padat bahkan macet akibat banyaknya kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas. Diperparah lagi kendaraan parkir di badan jalan sehingga membuat kepadatan.

Sedangkan suasana pasar Martapura meskipun saat ini sedang mewabahnya Covid 19 tetap ramai bahkan melebihi hari-hari biasa. Bahkan tidak ada jaga jarak dan tetap berdesak-desakan seolah-olah tidak ada rasa khawatir dan takut akan terserang virus corona. Transaksi antara pembeli dan pedagang juga tetap berjalan tidak ubahnya saat kondisi normal.

Mar salah seorang pedagang kebutuhan sehari-hari di Pasar Martapura, mengatakan, sejak tiga hari terakhir situasi pasar sudah ramai. Namun puncaknya hari ini H-1 Lebaran mengingat masyarakat membeli kebutuhan yang akan dipergunakan memasak hidangan untuk Hari Raya Iduk Fitri.

"Sekarang memang sedang ramai-raminya, kita sadar saat ini sedang ada virus corona namun sebagai pedagang kita butuh biaya untuk hidup, karena itu kita tetap jaga jarak, jaga kebersihan,"ungkapnya.

Dia menambahkan menjelang lebaran warga memenuhi pasar untuk membeli kebutuhan lebaran. Warga berburu daging menjelang Idul Fitri sehingga banyak muncul pedagang daging dadakan.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 439