loader

Satu Wartawan Palembang Positif Covid-19, Wartawan Lain Harus Ikuti Protokol Kesehatan

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - ER mengatakan, dirinya sempat menjalani rapid test pada 12 Mei lalu namun hasilnya negatif, dan pada 14 Mei menjalani tes swab. Pada 26 Mei, hasil swab menyatakan dirinya positif covid-19.

"Semalam mendapat informasi bahwa hasil tes swab menunjukkan positif covid-19. Saya terpapar dari ibu (orang tua) yang sudah lebih dulu dinyatakan positif covid-19," ujar ER, Rabu (27/5/2019).

Ia mengungkapkan, meski dinyatakan positif covid-19 namun tubuhnya sehat, tanpa gejala covid-19. "Sekarang diisolasi di Wisma Atlet," kata dia.

ER berharap agar tidak ada lagi wartawan yang terpapar covid-19. Untuk itu, ia meminta agar wartawan lain di Kota Palembang mematuhi protokol kesehatan dalam peliputan.

"Namanya jurnalis kan sulit untuk tetap stay dirumah karena harus meliput. Tapi saya berharap agar teman-teman di lapangan tetap ikuti protokol kesehatan. Jaga jarak baik dengan narasumber ataupun rekan seprofesi lainnya," kata dia.

Menurutnya, hal itu dikarenakan saat ini covid-19 sudah menyebar luas di Palembang. Ia pun meminta agar masyarakat tetap dirumah dan hindari berkerumun. "Kalau memang harus keluar rumah, pakai masker dan jaga jarak. Selalu rutin makan makanan yang bergizi dan minum vitamin," kata dia.

Diakui ER, hasil swab memang cukup lama keluar. Untuk itu, ia berharap agar kapasitas uji sampel dan tenaga laboratorium ditambah sehingga hasil swab bisa cepat keluar.

"Hasil tes swab saya saja keluar setelah 12 hari. Harapan kedepan agar hasil tes swab lebih cepat lagi keluarnya," pungkas ER.

Sementara itu, Juru bicara penanganan covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan ER merupakan salah satu pasien terkonfirm positif yang diumumkan kemarin (26/5/2020). Diketahui ada prnambahan 56 kasus positif sehingga total ada 868 kasus positif di Sumsel.

"Iya, pasien ER yang merupakan salah satu jurnalis merupakan satu dari 56 tambahan kasis kemarin," kata dia.

Pihaknya pun saat ini sudah mulai melakukan tracking kepada keluarga dan juga rekan kerja seprofesinya. "Nanti akan kita ambil tes swab bagi keluarga dan rekan kerja pasien ini. Meraka yang kontak selama 14 hari terakhir akan diperiksa," tandasnya.

Share

Ads