loader

Pedagang Positif Covid-19, Dua Pasar Tradisional di Palembang Tutup

Foto

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Dengan apa yang terjadi di dua pasar tradisional ini meningkatkan kekhawatiran warga, karena interaksi di pasar melibatkan banyak orang. “Sebenarnya takut nian ini, pasti banyak yang sudah berbelanja. Tapi mudahan aman, itulah pentingnya menggunakan masker, cuci tanyan jaga jarak. Kalau sudah kena jadi masalah, lebih baik jaga diri,” ujar Nurhaya, warga Sekip Bendung, lokasi yang tidak jauh dari Pasar Kebun Semai.

Rapid test terhadap pedagang di Pasar Kebon Semai masih berlangsung hari ini dan hingga Kamis (27/5) sebanyak 21 pedagang dinyatakan reaktif. Mereka akan menjalani pemeriksaan swab. Pasar Kebon Semai ditutup hingga 6 Juni setelah satu pedagang dengan status PDP meninggal dunia.

Untuk Pasar Kebun Bunga, penutupan dilakukan Pemkot Palembang melalui Perusahaan Daerah (PD) Pasar Palembang Jaya. “Untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona lebih luas, Pasar Kebun Bunga mulai Jumat (29/5) akan ditutup. Saat ini pedagang sudah dikarantina di wisma atlet Jakabaring. Kemudian pasar akan disterilkan,” ujarnya Direktur PD Pasar Abdul Rizal, Kamis (28/5/2020).

Dengan meluasnya penularan, juga akan dilakukan rapid test secara acak terhadap pedagang di seluruh Kota Palembang. Jika penyebaran virus terus meluas, maka semua pasar ditutup secara berkala untuk upaya sterilisasi.

DN (37) satu warga Kebun Bunga yang merupakan karyawan salah satu BUMN menyebut, seharusnya penutupan Pasar Kebun Bunga dilakukan lebih cepat. Karena menurutnya, di masyarakat sekitar yang biasa berbelanja di pasar tersebut sudah beberapa hari beredar dari mulut ke mulut, bahwa ada pedagang yang positif.

“Kita tidak tahu benar atau salah. Tapi yang beredar di warga sekitar pasar dari mulut ke mulut bahwa ada pedagang yang kena, terbukti dan pasar ditutup. Maksud kita kenapa tidak ada yang lebih cepat atau lebih baik lagi. Makanya sekarang kita juga sebagai warga harus lebih waspada, jangan pernah meninggalkan masker dan hand sanitizer. Pulang dari mana – mana, semua pakaian di badan harus langsung dan langsung mandi,” katanya menyarankan.

Share

Ads