Berita :: GLOBALPLANET.news

Jubir Covid-19 Kabupaten PALI, dr Zamir Alvi SH MHKes

29 Mei 2020 17:03:00 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Satu pasien positif terpapar Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) asal Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), yang kini masih menjalani isolasi di salah satu rumah sakit di Kota Prabumulih, masih dalam keadaan normal.

Hal ini di utarakan oleh gugus tugas penanganan antisipasi Covid-19 Kabupaten PALI, melalui Juru Bicara (Jubir) dr Zamir Alvi SH MHKes. Dijelaskannya bahwa saat ini pasien laki-laki umur 66 tahun sudah terlihat lebih sehat.

"Pasien dalam keadaan sehat atau normal, tidak ada infus yang terpasang ataupun bantuan alat lain. Hanya karena statusnya masih sebagai pasien terpapar Covid-19 sehingga harus menjalani isolasi di rumah sakit Prabumulih," jelas dr Zamir, Jumat (29/5/2020)

Lebih lanjut, ketua PSC kabupaten PALI itu, menerangkan bahwa, pasien tinggal menunggu hasil swab tes selanjutnya untuk dapat pulang.

"Pasien positif Covid-19 asal PALI masih menunggu hasil Swab Tes selanjutnya. Artinya harus dua kali berturut-turut hasil swab tes menunjukkan negatif, baru pasien dinyatakan sembuh dan di izinkan pulang," ungkapnya.

Dalam minggu-minggu ini, lanjut dr Zamir, hasil swab tes kedua akan keluar dari BBLK Palembang, dimana pada hasil swab tes pertama yang menyatakan pasien tersebut positif Covid-19.

"Kemungkinan dalam minggu ini hasil swab tes kedua akan keluar. Kita berharap hasilnya negatif, jadi tinggal menunggu hasil swab tes ketiga dan jika hasilnya negatif juga, pasien akan dinyatakan sembuh. Kita doakan bersama-sama pasien untuk tetap sabar menunggu hasil swab tes dan mampu melewati fase ini," harapnya.

Selin itu, dr Zamir kepada masyarakat kabupaten PALI untuk tetap waspada dan memberikan dukungan kepada pasien yang terpapar corona untuk sembuh serta tidak memberikan pandangan negatif terhadap pasien dan keluarganya.

"Tidak perlu takut, tetapi tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan dan disiplin sesuai arahan pemerintah. Berikan dukungan jika ada orang yang anda kenal menderita Covid-19. Jangan membuat mereka merasa dikucilkan," pungkasnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 960