Berita :: GLOBALPLANET.news

Anggota komunitas Parkour Palembang saat latihan di Benteng Kuto Besak (BKB). (foto : Ist)

12 Desember 2017 17:21:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET.news - Parkour menjadi olahraga ekstrim yang penuh tantangan, olahraga ini diminati para lelaki untuk tampil keren. Meski terlihat berbahaya namun tidak mengurangi minat remaja Kota Palembang untuk menggeluti jenis olahraga ini.

"Saya tertarik dengan olahraga ini karena menantang dan cukup ekstrim, trus dari bentuk gerakannya juga bagus. Salah satu gerakan dalam olahraga ini yang membuat saya tertarik adalah flip atau salto," ungkap Akhirun Meidiansa anggota komunitas Parkour Palembang kepada GLOBALPLANET.news, Selasa (12/12/2017).

Olahraga ini menurut Kirun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, serta melatih mental agar lebih percaya diri. Komunitas Parkour Palembang sendiri sudah berdiri sejak 2008 silam, komunitas ini beranggotakan lebih dari 100 orang.

"Parkour itu buat kita cepat berpikir untuk melewati suatu rintangan. Di parkour ini, kita juga diajari cara roll yang bener. Pernah kejadian anak parkour kecelakaan motor, dengan refleks saat dia jatuh dari motor itu langsung ngeroll buat ngindari luka atau cedera parah saat jatuh dari motor, ini bukti kalau parkour sangat bermanfaat dan membuat kita cepat berfikir secara refleks," jelasnya.

Dijelaskan Kirun, bagian yang membutuhkan waktu lama untuk dikuasai adalah flip atau salto, jenis flip pada parkour itu ada back flip, side flip, front flip, twist, round off back, catwill side dan masih banyak lagi. Namun menurutnya resiko cedera pasti ada namun dapat diminimalisir dengan pemanasan.

"Yang namanya olahraga pasti ada cedera, untuk itu sebelum latihan ada pemanasan dulu untuk mengurangi resiko cedera parah. Selain itu, ada senior kita yang membimbing, jadi yang baru masuk akan diajari basic parkour dulu, contohnya precision, kong vault, lazy vault dan dash vault," ujarnya.

Komunitas ini biasanya kumpul dan latihan di Benteng Kuto Besak (BKB) pada sore hari. "Yang pasti latihan itu setiap sabtu dan minggu, kalau hari lain tentative, kalau mau gabung bisa datang langsung dan bisa latihan bersama," jelasnya.

Reporter : Ina Parlina Editor : M.Rohali 614