Berita :: GLOBALPLANET.news

30 Mei 2020 19:35:46 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), telah menyalurkan bantuan sembako tahap dua ke desa-desa, untuk dibagikan ke pada masyarakat miskin baru (Misbar) yang terdampak Covid-19.

Namun sayangnya, dari 5.165 paket tambahan sembako yang disebar, Kecamatan SP Padang hanya menerima sebanyak 27 paket sembako tambahan, untuk dibagikan kepada masyarakat di Kecamatan SP Padang.

Anggota DPRD OKI dari partai Hanura, Irawansyah, ketika dimintai komentar mengatakan, bahwa dirinya telah menerima laporan tersebut dari masyarakat yang ada di Kecamatan SP Padang.

Pada penyaluran bansos tahap pertama Pemkab OKI telah menyalurkan bantuan sembako kepada 67,934 kepala keluarga yang membutuhkan, sekarang bertambah di tahap kedua menjadi 73,099 penerima. 

"Artinya ada sekitar 5,165 tambahan sembako untuk masyarakat atau keluarga penerima bantuan yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di OKI. Kok Kecamatan SP Padang hanya menerima 27 paket sembako tambahan, pantas saja banyak laporan dari masyarakat ke saya," ujar Irawansyah, Sabtu (30/5/2020).
 
Masih kata Anggota DPRD OKI dari Dapil II (SP Padang, Jejawi, Pampangan) ini menuturkan, dari hasil laporan yang saya terima berdasarkan pengajuan data tambahan misbar dari desa-desa di Kecamatan SP Padang, sekitar 297 kepala keluarga penerima bantuan tambahan ditahap ke dua, yang telah dimasukan ke Dinas Sosial Kabupaten OKI.

"Namun dari angka tersebut yang keluar hanya 27 paket sembako tambahan yang diterimah oleh Kecamatan SP Padang, yakni hanya untuk Desa Bungin Tinggi," ujar sembari mengatakan kami akan memanggil pihak Dinas Sosial, serta meminta penjelasan terkait hal ini dan di Kecamatan SP Padang bukan hanya Desa Bungin Tinggi saja, namun masih banyak desa lainya.

Sementara itu, Kasih Pemerintahan Kecamatan SP Padang, Medison, ketika diwawancara membenarkan hal tersebut, bahwa di Kecamatan SP Padang hanya menerima 5.791 paket sembako ditahap kedua, yang semula ditahap pertama sebanyak 5.764. Sedangkan pengajuan tambahan dari desa-desa di Kecamatan SP Padang sekitar 297. Berdasarkan info dari pihak Dinas Sosial untuk sisa penambahan akan diberikan pada tahap ke tiga," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah menyalurkan bantuan sosial paket sembako tahap kedua. Bansos bagi warga miskin dan rentan miskin di OKI akibat Covid-19 itu dilepas langsung oleh Bupati OKI, H. Iskandar, SE di Kantor Pemkab OKI, Rabu (20/5/2020).

Reswandi mengatakan, sekitar 73,099 kepala keluarga akan menerima bansos tahap dua ini. Dari data tersebut, pihaknya juga sudah berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak desa hingga ketingkat RT/RW.

"Kita sinkronkan data dengan pihak desa hingga RT/RW, warga yang belum tersentuh kita sisir" kata dia.

Pada penyaluran bansos tahap pertama Pemkab OKI telah menyalurkan kepada sekitar 67,934 kepala keluarga yang membutuhkan.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 326