Berita :: GLOBALPLANET.news

Plt Kadin Perpustakaan OKU Timur Isnaini Daswati dan Plt Kadin PPPA Hanafi saat menandatangani Naskag MoU. (Foto: Dadang Dinata)

02 Juni 2020 12:57:00 WIB

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Guna meningkatkan fungsi dan keberadaan Perpustakaan di Bumi Sebiduk Sehaluan. Dinas Perpustakaan melakukan MoU tentang pengembangan dan pengelolaan Perpustakaan dan Kearsipan bekerja sama dengan Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) OKU Timur.

Perjanjian kerjasama ditandatangani oleh Plt Kadin Perputastakaan OKU Timur Isnaini Daswati dan Plt Kadin PPPA Hanafi, pada Selasa (02/06/2020).

Plt Kepala Dinas Perpustakaan OKU Timur Isnaini Daswati, mengatakan, salah satu tujuan dari MoU ini terciptanya pembinaan terhadap masyarakat, dan buku yang ada bisa dimanafaatkan melalui forum anak.

Saat ini Dinas Perpustakaan OKU Timur memiliki buku 2800 eksemplar kemudian yang sudah dilakukan silang layang maupun peminjaman 1000 eksemplar dan sudah disebar ke Sekda, Polres, Kejaksaan Negeri. Mitra kerja Diknas, Kemenag, Setda OKU Timur, Kejaksaan, Polres.

Sedangkan untuk yayanan sirkulasi jumlah anggota perpustakaan 906 orang, jumlah pengunjung rata-rata perbulan 291 orang, jumlah peminjam rata-rata 162 orang. Jumlah mobil perpustakaan keliling dua unit, jumlah pos layanan satu. Jenis buku fiksi, anak-anak, dan banyak yang lain tapi kurang monitoring. “Sehingga kedepan monitoring perlu ditingkatkan,” katanya.

Kedepan Dinas Perpustakaan ditargetkan 3560 minat baca tahun ini akan meningkatkan minat baca karena Covid 19 dilakukan silang layang dan terus dipantau. Untuk menambah maksimal keberadaan perlustakaan. Pihaknya sudah mengusulkan DAK 2021 untuk pembangunan gedung fasilitas layanan perpustkaan. Untuk menata arsip yang berusia 10 tahun keatas harus diserahkan ke Dinas Perpustakaan tapi depot arsip belum memadai namun sudah direncanakan sejak lama dan sedang proses,ujarnya.

"Sejak dipimpin Pak Junadi seluruh program dirancang dan ada yang dilaksanakan bahkan mendapat prestasi dari 17 kabupaten hanya lima kabupaten yang mendapat perpustakaan berbasis inkuisi mendapat buku 1000 eks dua buah rak, komputer dan satu unit internet kunang-kunang tapi karena covid 19 sehingga baru bisa dipinjamkan," tambahnya.

Isnaini juga mengajukan Pojok baca ke Pemprov mendapat bantuan untuk Desa Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura dan Desa Karang Binangun, Kecamatan Belitang Madang Raya. Dinas Perpustakaan tibe B ada bidang Perpustakaan Bidang Arsip dan bidang Kerjasama, yang menonjol bidang perpustakaan, bidang yang lain bukan tidak menonjol tapi sedang dimaksimalkan.

Kadin PPPA Hanafi menyambut gembira apa yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan yang memprakarsi kerjasama. Buku yang dibaca merupakan jendela baik untuk ilmu pengetahuan maupun yang lain. Minat baca masyarakat terutama anak-anak cukup tinggi."Karena itu saat membaca buku harus selesai dari awal hingga akhir," ungkapnya.

Hanafi juga menjelaskan, Dinas PPPA juga melakukan kerjasama dengan PKK, GOW dan yang lainnya. Forum anak akan memanfaatkan buku-buku tidak ada orang sukses tanpa membaca buku. Memang buku-buku harus dimanfaatkan untuk menambah wawasan.

Reporter : Dadag Dinata Editor : M.Rohali 468