Berita :: GLOBALPLANET.news

03 Juni 2020 11:35:51 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Pembentukan kampung tangkal Corona merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Demikian diungkap Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya saat launching Kampung Tangkal corona di Desa Suko Mulyo, Kecamatan Martapura, OKU Timur, Rabu (03/06/2020).

Desa Suko Mulyo menjadi percontohan kampung tangkal  corona di Bumi Sebiduk Sehaluan. Program  ini sudah dicanangkan oleh Polda Sumsel. Sebagai bentuk aksi nyata pencegahan, kampung tangkal corona dilengkapi dengan  rumah isolasi, yang bisa dipakai untuk masyarakat jika memang harus melakukan isolasi.

Dalam bidang ekonomi penerapan lumbung pangan dengan perkebunan serta perikanan. Peningkatan keamanan dengan meningkatkan Siskamling. Beberapa jalan ditutup untuk menanggal corona. "Kedepan kita harapkan tercipta new normal perekonomian tetap harus jalan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," terangnya.

Sementara Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi menambahkan, launching Kampung tangkal Corona di Desa Suko Mulyo ini merupakan salah satu untuk menangkal penyebaran virus corona. Kondisi Desa Suku Mulyo sangat bersih dan tertata rapi. Banyak istilah dalam memperkecil penyebaran virus corona ada kampung tangguh dan di Sumsel ada kampung tangkal. Kekompakan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dan harus sesuai Protap juga salah satu cara untuk pencegahan.

"Menangkal serangan corona agar tidak masuk ke tempat kita, desa memang ada yang sudah menutup jalan tapi yang menjadi masalah ditutup kemudian ditinggal, seharusnya dijaga dan dilakukan dengan ramah,"ungkapnya.

Bupati juga mengingatkan seluruh Kades untuk  menyisihkan sebagian Dana Desa untuk menangkal corona. Sekarang menuju hidup baru atau new normal dengan menjaga kekebalan tubuh dengan tetap menjaga kesehatan. Di setiap desa didirikan pos-pos kesehatan yang dibekali peralatan untuk mendeteksi corona. 

Kegiatan dihadiri Dandim 0304/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, S.Sos, MSi, Kapolres OKU Timur AKBP Erlin Tangjaya, SH, SIK dan kepala OPD.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 392