Berita :: GLOBALPLANET.news

03 Juni 2020 20:44:34 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET - Kehamilan pasca pernikahan sangat diharapkan para orang tua. Pasalnya, dengan kehadiran anak akan menambah kebahagiaan keluarga. Namun, sangat penting bagi ibu hamil memeriksakan kandungannya seperti USG.

Dr Ahmad Tagar Riagun SPOG mengatakan, pada trimester 1 kehamilan adalah usia kehamilan mulai dari 0 sampai dengan 12 minggu kehamilan. USG pertama kali dilakukan pada fase awal kehamilan ini berguna untuk mengkonfirmasi kehamilan setelah ditemukan tanda-tanda awal kehamilan yaitu telat haid (amenore) dan hasil "test pack" positif.

"Ada beberapa manfaat USG di trimester 1. Hal ini harus dilakukan para ibu hamil untuk mengetahui kondisi awal kehamilannya," ujar dokter yang praktek dikawasan Talang Jawa, Kota Pagaralam ini.

Dikatakan Dr Tagar, USG berguna untuk memastikan usia kehamilan.
Usia kehamilan dapat dihitung menggunakan HPHT (hari pertama haid terakhir) dan USG. yang diukur pada pemeriksaan USG adalah ukuran kantung kehamilan (gestasional sac), panjang janin (CRL). Kemudian, dengan USG dapat memastikan kehamilan apakah berada didalam rahim (intra uterin) atau di luar kandungan (kehamilan ektopik).

"Kondisi pengecekan calon janin untuk memastikan perkembangan kehamilan. Pasalnya, ada beberapa gangguan kehamilan yang kerap terjadi di awal fase kehamilan dan ini harus diketahui," ungkapnya.

Ditambahkannya, adapun gangguan kehamilan seperti "Blighted Ovum" (BO) yaitu dimana kehamilan hanya terbentuk kantungnya saja tanpa disertai terbentuknya janin. BO sendiri merupakan penyebab tersering keguguran di trimester 1.
Kelainan lain yg sering terjadi adalah Mola Hidatidosa atau biasa disebut kehamilan anggur. Yaitu kelainan pembentukan jaringan sel-sel plasenta secara berlebihan menjadi massa yang berisi cairan yang tampak seperti untaian anggur saat pemeriksaan USG. 

"Hamil anggur harus segera mendapat penanganan oleh dokter ahli kandungan karena dapat membahayakan sang ibu. Begitu juga BO karena kantung kehamilan terus berkembang yang dikhawatirkan bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Selain praktek di Kota Pagaralam, Dr Tagar juga membuka untuk pendaftaran pasien dan konfirmasi jadwal konsultas di wilayah Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang bisa menghubungi @klinikunguempatlawang atau ke nomor 082229407716.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : M.Rohali 407