Berita :: GLOBALPLANET.news

Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati Basjuni didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pagaralam, Marjohan saat menghadiri acara peresmian SD Negeri 75 Pagaralam, Selasa (12/12/2017). (Foto: Ist)

12 Desember 2017 21:25:24 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Demi untuk pemerataan fasilitas pendidikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam menjamin kebutuhan pendidikan bagi seluruh masyarakat yang tinggal di Kota Besemah tersebut. Salah satu bukti nyata yang telah dilakukan, yakni meningkatkan status SD Negeri 45 kelas jauh menjadi SD Negeri 75.

Walikota Pagaralam, dr Hj Ida Fitriati mengatakan, dengan diresmikan peningkatan status salah satu Sekolah Dasar (SD) Negeri di Pagaralam tersebut, merupakan bukti keseriusan pemerintahan yang dipimpinnya untuk mencerdaskan generasi muda.

"Memang pada dasarnya pendidikan bukan jamin untuk orang menjadi kaya dan sukses, tapi lebih kepada pembentukan karakter. Untuk itulah, seluruh anak di Kota Pagaralam harus sekolah," kata Ida saat meresmikan SD Negeri 75, Tanjung Taring, Kelurahan Burung Dinang, Kecamatan Dempo Utara, Selasa (12/12/2017).

Ida juga menyampaikan, sejauh ini partisipasi masyarakat mengikuti program wajib sekolah sembilan tahun di Kota Pagaralam, telah mencapai 8,9% partisipasi sekolah, dan 1,1% putus sekolah yang didominasi perempuan, karena kawin muda. Untuk itulah, Pemkot Pagaralam akan menjamin kebutuhan dunia pendidikan untuk masyarakat Pagaralam.

"Saya akan menjamin, bahwa semua masyarakat mendapatkan kebutuhan pendidikan. Tidak ada lagi anak yang tidak sekolah. Jika ada, maka orang tua yang harus diberikan pemahaman," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam, Marjohan berharap, dengan diresmikannya SD Negeri 75 Kota Pagaralam, semua anak bisa mendapatkan akses pendidikan yang baik dan layak, terutama bagi peserta didik yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikan.

"Apa yang dilaksanakan saat ini merupakan komitmen kami Dinas Pendidikan dan Kebudayanaan Kota Pagaralam, dalam upaya memenuhi sarana dan prasarana pendidikan hingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat di pelosok. Jadi, meskipun berada di pelosok, anak-anak tetap bisa sekolah dan tidak perlu ke kota," ujarnya.
 

Reporter : Yayan Darwansah Editor : Amizon 835