Berita :: GLOBALPLANET.news

Kaban BPD OKU Timur H Mgs Habibullah dan Camat Bunga Mayang saat meninjau bajir. Akibat meluapnya Sungai Stebung puluhan Rumah di Kecamatan Bunga Mayang terendam bahkan ada yang roboh. (Foto: Ist)

12 Juni 2020 21:36:36 WIB

OKU TIMUR, GLOBALPLANET - Musibah banjir dampak dari meluapnya air Sungai Stebung, membuat puluhan rumah di Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten OKU Timur tenggelam bahkan ada yang roboh.

Kepala BPBD OKU Timur H Mgs Habibullah SIP mengatakan, banjir yang terjadi saat ini dampak dari meluapnya air Sungai Komering mengakibatkan sebanyak 55 rumah milik warga di Kecamatan Bung Mayang terandam.

“Sebanyak 21 rumah di Desa Sabalioh dan 34 rumah di Desa Baturaja Bungin satu diantaranya roboh diterjang banjir rumah milik Zainal Arifin,” katanya pada Jumat (12/06/2020) malam.

Selain merendam rumah warga, banjir juga mengakibatkan lahan persawahan terendam. Akibatnya bibit padi milik petani terancam rusak karena terendam air. Untuk itu pamong desa masih mendata, apa yang rusak akibat musibah banjir.

"Masyarakat terus kita ingatkan agar tetap waspada dan selalu berhati-hati," imbuhnya.

Habib menambahkan, bantuan tanggap darurat banjir di Desa Baturaja Bungin diterima langsung masyarakat yang terdampak melalui pamong desa setempat. Bantuan yang disalurkan ini diharapkan mampu meringangkan beban masyarakat.

Warga yang rumahnya terendam banjir saat ini sudah mengungsi ke rumah tentangga maupun keluarga yang lokasinya lebih tinggi dan tidak terkena banjir. “Petugas dari BPBD terus memantau perkembangan banjir dan siap membantu warga yang terkena musibah becana alam ini,” terangnya.

Sementara Camat Bunga Mayang Inoferwenti Intan, SE, MM, menambahkan, banjir terjadi sejak pukul 00.00 Wib. Bahkan akibat banjir ini satu rumah warga di Dusun Desa Baturaja Bungin roboh dan di Dusun 2 Desa Sabahlioh yang terkena dampak pemukiman area perkebunan dan kolam

Selaku Camat Bungà Mayang, pihaknya selalu koordinasi dengan Kades, perangkat desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

"Hal ini kami lakukan demi mengedepankan pelayanan bagi kenyamanan masyarakat yang merupakan salah satu tugas, Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten OKU Timur pak bupati melalui Kaban BPBD dengan cepat dan tanggap meninjau ke lokasi dan langsung memberi bantuan berupa Sembako ďan makanan siap saji," tegasnya.

Saat mmeninjau banjir sebagai Camat dirinya tetap memberi arahan agar barang-barang penting diantaranya ijazah dan surat berharga lainnya diamankan dan dipastikan tidak terkena banjir dan anak-anak harus tetap mendapatkan kenyamanan. Untuk korban banjir anak-anak di ungsikan di rumah-rumah tetangga yang rumahnya bertiang dan diberikan kasur serta tempat tidur yang nyaman.

Reporter : Dadag Dinata Editor : M.Rohali 365