loader

RSUD OKU Timur Sudah Bisa Periksa Swab Corona, Hasilnya Hanya dalam Dua Jam

Foto

OKUT, GLOBALPLANET - Demikian diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur Yakub dalam siaran pers pada Selasa malam (16/06/2020). "Diperkirakan pada Kamis tanggal 18 Juni kita tidak perlu lagi mengirim sampel swab ke BBLK Palembang karena RSUD  OKU Timur di Tulus Ayu sudah bisa melakukan pemeriksaan virus corona dengan menggunakan metode Test Cepat Molekuler (TCM )," katanya.

Pemeriksaan pada TCM dilakukan dengan menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Tes ini akan mengidentifikasi RNA pada virus corona pada mesin yang menggunakan cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus corona.

Hasil tes TCM ini dapat diketahui dalam tempo kurang dari dua jam, untuk menentukan pasien positif atau negatif. "Mesin test TCM yang ada di RSUD OKU Timur di Tulus Ayu ini nantinya tidak hanya melakukan pemeriksaan untuk masyarakat OKU Timur saja, tapi juga dapat mengakomodir masyarakat OKU dan OKU Selatan," terangnya.

Dengan hadirnya mesin test TCM ini akan mempercepat langkah langkah pencegahan Satgas Gugus Tugas Covid-19  OKU Timur. "Semoga saja virus corona secepatnya tereliminasi dari bumi Sebiduk Sehaluan," katanya.

Sementara itu, terkait update kasus Covid-19 di OKU Timur, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Covid-19 OKU Timur Yakub mengatakan, Orang Tanpa Gejala (OTG) dan  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diambil swab mencapai 127 sampel. Seluruhnya dikirim ke BBLK Palembang dan hasilnya pemeriksaan menggunakan metode PCR ini 12 sample positif, 108 sampel negatif dan tujuh sample lainnya masih dalam proses menunggu hasil.

Share

Ads