Berita :: GLOBALPLANET.news

Perpustakaan keliling (Pusling) Kabupaten OI saat mendatangi sekolah tingkat SD. (Foto: Ist)

13 Desember 2017 16:35:55 WIB

OI, GLOBALPLANET.news - Minat baca di Kabupaten Ogan Ilir (OI) masih rendah, hal ini dapat dilihat dari jumlah pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OI yang masih sedikit. Hingga akhir tahun ini, tingkat kunjangan di perpustakaan daerah (Pusda) tersebut terdata hanya 500 pengunjung.

Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ogan Ilir Imtihana, MSi mengatakan, pengunjung yang datang di perpustakaan perharinya dibawah sepuluh orang, hal ini menunjukkan bahwa minat baca warga OI masih rendah. “Bahkan tidak jarang pusda ini kosong pengunjung," katanya kepada GLOBALPLANET.news, Rabu (13/12/2017) di ruang kerjanya.

Imtihana meneruskan, berbagai program telah dilakukan untuk meningkatkan minat baca di Kabupaten OI, salah satunya dengan program Perpustakaan Keliling (Pusling) dengan mendatangi sekolah-sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA sederajat. “Ini dilakukan 2-4 kali dalam sebulan, dan dia bersyukur program ini mendapat sambutan yang cukup baik dari para siswa, hal ini terlihat dari banyaknya siswa yang mengerumuni mobil pusling," terangnya.

Imtihana mengharapkan, kedepan nanti perpustakaan ini banyak dikunjungi oleh warga dan fasilitas yang ada terus ditambah seperti internet dan ruangan AC sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang dan yang membaca diruangan tersebut.

Ditambahkannya, buku yang ada di perpustakaan ini berjumlah 8.500 buku, terdiri dari berbagai macam buku ilmiah antara lain buku keagamaan, sosial, budaya, geografi, fisika, sejarah dan lain-lain. "Bagi masyarakat yang ingin meminjam buku dibatasi hanya satu minggu lamanya dan satu orang hanya bisa meminjam maksimal 3 buku untuk sekali pinjam," tuturnya.

Lanjut dia, warga yang berkeinginan meminjam buku di perpustakaan bisa datang langsung ke pusda. “Perpustakaan dibuka dari pukul 07.30-16.00 Wib setiap hari kerja, dari hari senin hingga hari jum'at. Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai anggota perpustakaan daerah cukup membawa foto copy KTP dan foto ukuran 3X4 sebanyak dua lembar,” ujarnya.

Reporter : Muslandik Editor : M.Rohali 497