Berita :: GLOBALPLANET.news

28 Juni 2020 11:45:00 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Anggota tim Buser Polsek Ilir Barat II Palembang di Sumsel meringkus dua orang pelaku spesialis begal bersenjata api rakitan jenis revolver. Keduanya telah beraksi di kawasan Gandus dan Ilir Barat II.

Kedua pelaku begal tersebut bernama Jefri alias Jef (28) dan Rego alias go. Keduanya ditangkap di kediamannya masing-masing, Jumat (26/6/2020).

Kapolsek Ilir Barat II Palembang Kompol Dudi Novery mengatakan, kedua pelaku ditangkap merupakan spesialis begal yang beraksi di dua lokasi di Gandus dan Ilir Barat II.

"Pelaku ini sudah melakukan aksinya sebanyak tiga kali dimana dua kalinya dilakukan dua kali Gandus dan satu kali kalinya di wilayah kita. Dalam aksinya, pelaku mengancam korban menggunakan senjata api rakitan jeni revolver untuk mengancam, lalu membawa kabur sepeda motor korban," jelas Kompol Dudy saat gelar press release, Sabtu (28/6/20).

Seperti yang terjadi di wilayah hukum Polsek IB II, diamana kedua pelaku melakukan aksi begalnya 16 Juni 2020 sekitar pukul 23:00 WIB di Jalan Talang Kerangga di depan kosan OYO Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan IB II dengan korban bernama Jenu Saputra.

"Ketika kejadian korban hendak membeli rokok menggunakan sepeda motor dari tempat kerjanya. Menurut informasi kedua pelaku menghentikan motor korban dengan datang dari arah belakang yang menggunakan motor langsung mengacam korban dengan senjata api," katanya.

Korban setelah diancam oleh pelaku Jef sempat mengelak, namun kembali diancam akan ditembak, sehingga korban dengan terpaksa memberikan motor kesayangan kedua pelaku. Atas kejadian tersebut korban membuat laporan ke Polsek IB II.

"Atas laporan korban dan rekaman Cctv di lokasi kejadian anggota kami langsung melakukan penyelidikan, dan kedua orang berhasil ditangkap. Atas ulahnya keduanya diancam pasal 365 KHUP dengan ancaman penjara 9 tahun," bebernya.

Lanjut Dudy, keduanya diberikan tindakan tegas oleh anggota karena berusaha melawan. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti satu senjata api rakitan jenis revolver beserta amunisi sebanyak 5 butir dan satu sepeda motor Honda Scoopy BG 5088 ACU.

Sementara pelaku Jefri mengakui perbuatannya tersebut. "Saya mengakui kalau kami berdua telah melakukan aksi begal, dimana korbanya saya ancam dengan senpira Rego menunggu di atas motor," katanya.

Jefri mengakui kalau aksinya sudah melakukan sebanyak dua kali dimana dilakukan di Musi II Palembang dan Gandus. "Sementara hasil kami bagi dua untuk kebutuhan sehari-hari," ungkapnya. 

Reporter : Andika Pratama Editor : Zul Mulkan 147