Berita :: GLOBALPLANET.news

29 Juni 2020 12:30:20 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Ratusan massa yang tergabung dalam Partai PDIP Sumsel menggelar aksi unjuk rasa di depan Markas Polda Sumsel Senin pagi (29/6/20). Dua tuntutan utama yakni menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) dan mendukung penuh Polri usut tuntas pembakaran bendera partai.

Unjukrasa dihadiri para kader, simpatisan hingga pengurus dan pimpinan DPD PDI Perjuangan Sumsel seperti Giri Ramanda. Mereka juga disambut langsung Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri didampingi Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Anom.

“Kami mendukung penuh pengusutan pembakaran bendara PDIP karena bendera partai adalah simbol dan harkat martabat suatu Partai, dan tidak ada keinginan memecah belah,” ujar Andreas Kordinator masa aksi PDIP.

Ketua DPD PDIP Sumsel Giri Ramadhan menambahkan, jalur hukum diambil lantaran Indonesia adalah negara hukum sehingga ia mempercayai kepolisian untuk megusut tuntas pembakaran tersebut.

Ia juga mengimbau pada kader-kader PDIP perjuangan Sumatera selatan tak terpancing akan aksi pembakaran tersebut. "Kader-kader yang lain  jangan sampai terpancing Karena  juga menjaga harkat martabat PDIP perjuangan yang di akui Indonesia,” jelas Giri. 

Sebelumnya ratusan massa aksi melakukan aksi long march dari Stadion Kamboja sampai Mapolda Sumsel.

Sementara Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, terkait pembakaran bendera partai PDIP. "Kami yakin bahwa kepolisian disana sudah dilakukan pengukapan kasus tersebut," katanya.

Reporter : Andika Pratama Editor : Zul Mulkan 70