Berita :: GLOBALPLANET.news

Foto bersama saat usai melakukan peninjauan pelaksanaan pelayanan KB serentak sejuta akseptor, di Desa Rangkui Jaya, Kecamatan Pedamaran.

29 Juni 2020 19:18:00 WIB

OKI, GLOBALPLANET - Pada rangkaian peringatan hari keluarga nasional (Harganas) yang ke-27, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), memberikan pelayanan KB serentak sejuta akseptor di 18 kecamatan yang berada diwilayah Bumi Bende Seguguk. Pada kegiatan tersebut sebanyak 7.294 peserta KB terlayani.

"Alhamdulillah dari target 5.850, terlayani sebanyak 7.294 peserta KB yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di OKI. Hal ini melebihi  yakni sebesar 124,7 persen," ujar Kepala  Dinas PPKB OKI, Ubaidilah, SKM, MKM, ketika diwawancara GLOBALPLANET, Senin (29/6/2020).

Lebih lanjut ia menyampaikan, dari 18 kecamatan yang berada di Kabupaten OKI, hampir semua kecamatan mampu mencapai target yang ditetapkan. 

Selain dari pada itu, pencanangan pelayanan serentak KB sejuta akseptor ini merupakan upaya pencegahan ancaman ledakan angka kehamilan (baby boom), pada masa pendemi covid-19. 

Adapun peserta KB akseptor yang dilayani mulai dari suntik, pil, implan hingga IUD. 

"Pelayanan KB ini juga tidak terlepas dari dukungan Ketua TP PKK OKI, Hj.  Lindasari Iskandar, SE, Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, yakni melalui puskesmas, pustu dan bidan desa," jelasnya.

Digratiskanya biaya KB diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di masa pandemi. Diharapkan dengan digratiskan biaya ini bisa mendorong semangat masyarakat untuk mensukseskan program KKBPK (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana). 

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 221