Berita :: GLOBALPLANET.news

PPS sedang melakukam verifikasi faktual dukungan balon perorangan. (Foto: Ist)

01 Juli 2020 08:44:00 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Ketua KPU OKU Timur Herman Jaya mengatakan Petugas Pemungutan Suara (PPS) tengah melakukan verifikasi faktual (Verfak) untuk calon perseorangan yang akan berlangsung selama 14 hari dari 29 Juni hingga 12 Juli 2020.

Verifikasi faktual dilakukan untuk mengecek kebenaran data dukungan yang telah diserahkan balon independen. Petugas akan mencocokkan data pada berkas dukungan dengan alamat dan NIK pada KTP yang diserahkan.

“KTP dan NIK harus sesuai dengan yang ada didata KPU yang diserahkan Balon perorangan. Untuk sebaran di 20 kecamatan dan 310 desa hanya dua desa yang tidak ada dukungan. Kerja PPS sama dengan sensus penduduk. PPS langsung menemui warga untuk mengecek kebenaran data yang ada,” katanya Rabu (1/7/2020).

Pada pilkada OKU Timur, balon independen minimal memiliki dukunmgan 41 ribu lebih. Dan yang akan diverifikasi saat ini sebanyak 45 ribu lebih. Selain itu, dalam pelaksanaan verifikasi jika tidak ditemukan langsung data yang dituju, maka akan dilakukan koordinasi dengan LO balon. Dab LO memiliki waktu hingga berakhir masa verifikasi untuk menunjukkan data dan alamat tersebut.

"Sedangkan hasil akhir tetap pleno KPU dengan memperhatikan hasil verifikasi faktual di lapangan. Penetapan calon indenpenden tetap sama dengan calon yang diusung partai," terangnya.

Reporter : Dadang Dinata Editor : Zul Mulkan 517