Berita :: GLOBALPLANET.news

02 Juli 2020 21:37:40 WIB

PALEMBANG, GLOBALPLANET - Unit II Subdit III Jatanras Polda Sumsel pimpinan Kompol Bahtiar dan Pamit AKP Willy, kembali berhasil menangkap tersangka pelaku perampokan mobil Pajero Sport Dakar. Pelaku, Rustam (42), warga Karya Jaya, Kecamatan Kertapati Palembang.

Rustam merupakan rekan Joni yang telah ditangkap dalam kasus begal atau perampokan seorang wanita Surati (37) di Jalan Soekarno Hatta Palembang. Rustam bersama Joni merampas mobil Pajero Sport dan HP milik korban, Senin (29/6/2020).

Rustam ditangkap, Kamis (2/7/2020) sekitar pukul 17.00 WIB di kediamannya di Karya Jaya, Kecamatan Kertapati. Saat ditangkap, anggota juga mengamankan barang bukti berupa AC, Bamper Depan dan MP3 Player dari mobil Pajero Sport Dakar milik Surati (37). 

Diakui Rustam, sebelum ditangkap tidak kemana-mana hanya di rumah dan barang - barang mobil yang dipreteli masih disimpan dan belum dijual karena takut. 

"Aku butuh uang jadi terpaksa melakukan hal seperti ini. Ide untuk merampok ini dari Dika (DPO). Dia yang mengajarkan aku untuk jadi polisi (gadungan)," ujarnya di Mapolda Sumsel, Kamis (2/7/2020).

Sebelum kejadian, Rustam disuruh Dika (DPO) untuk membeli kaos Polisi, Celana dan Borgol di Cinde. Dimana harga baju dan celana Polisi Rp140 ribu dan Borgol Rp40 ribu.  Setelah itu, pada Jumat (26/6/2020) dia melakukan aksi yang pertama bersama Dika. Dimana dia merampok mobil Innova BG 1761 ZE di Tegal Binangun. 

"Semua Ide dari Dika , aku kenal dika dari FB. Saat merencanakan perampokan juga dari FB. Nah untuk mobil Innova juga belum aku apa - apakan masih aku simpan di rumah . Aku tidak berani menjual mobil tersebut," ungkapnya. 

Tiga hari kemudian, Senin (29/6/2020) Rustam bersama Joni alias Usman (46/telah ditangkap) kembali melalukan perampokan di Jalan Soekarno Hatta dimana Surati (37) menjadi korbannya. Dimana Pajero Sport milik korban berhasil mereka rampas.

Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan Rustam ditangkap di kediamannya bersama barang bukti berupa satu unit mobil Innova BG 1761 ZE dan AC , Bamper Depan dan MP3 Player mobil Pajero. 

"Dia ini sudah dua kali melakukan perampokan pertama Jumat (26/6/2020) dapat mobil Innova dan kedua Senin (29/6/2020). Untuk perampokan Pajero kedua tersangka sudah ditangkap sedangkan Innova yakni Dika saat ini masih dalam pengejaran," ungkapnya. 

Suryadi pun menghimbau untuk pelaku Dika untuk segera menyerahkan diri. Cepat atau lambat segera ditangkap. "Kami segera melakukan pengejaran untuk pelaku Dika. Dan untuk barang bukti masih kita dalami dulu," pungkasnya.

Reporter : Andika Pratama Editor : Zul Mulkan 239