Berita :: GLOBALPLANET.news

09 Juli 2020 11:28:10 WIB

PALI, GLOBALPLANET - Setelah dilakukanya pemutusan pendistribusian air bersih dari PDAM Lematang Enim menuju pelanggan PDAM Tirta PALI Anugrah di wilayah Ibukota Pendopo, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) berdampak pada pasokan air bersih pada masyarakat.

Bagi masyarakat yang menjadi pelanggan PDAM Tirta PALI Anugrah harus lebih ekstra dalam menghemat dan menggunakan air bersih.

Pasalnya, pekerjaan jaringan air bersih dari intake Desa Muara Sungai, Kecamatan Tanah Abang menuju ke booster yang ada di Ibukota Pendopo, diprediksi akan selesai pada akhir bulan ini (Juli 2020, red), agar bisa segera di fungsikan mengaliri ke seluruh pelanggan secara mandiri.

Hal itu dikatakan, Plt Kepala Dinas Perkim, Ahmad Hidayat, bahwa pihaknya saat ini telah memulai pekerjaan jaringan air bersih dari intake Tanah Abang menuju ke booster yang ada di Ibukota Pendopo, Kecamatan Talang Ubi. 

"Insyaallah akhir bulan Juli ini pekerjaan penyambungan jaringan pipa selesai dan air bersih sudah bisa mengalir ke masyarakat di bulan Agustus mendatang," ungkapnya.

Meski ada kendala permasalahan lahan di lokasi booster Simpang Raja, Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, namun jaringan pipa air bersih sementara waktu tidak harus melalui booster tersebut. 

"Dari Intake yang ada di Muara Sungai Kecamatan Tanah Abang disalurkan ke booster yang ada di Desa Sinar Dewa. Kemudian dipompa lagi langsung menuju booster di pendopo. Jadi tidak harus melalui booster Simpang Raja agar air bersih bisa segera dinikmati masyarakat," jelasnya.

Untuk pengelolaan air bersih, tetap dilakukan oleh PDAM Tirta PALI Anugerah.

"Kita hanya membangun jaringan, untuk pengelolaan dilakukan pihak PDAM. Dan mudah-mudahan rencana bulan Agustus air bersih sudah mengalir ke masyarakat bisa terlaksana dan tidak ada hambatan lagi," harapnya.

Reporter : Eko Jurianto Editor : M.Rohali 252