Berita :: GLOBALPLANET.news

Walikota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni, Kepala SMA Negeri 1 Suniar dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pagaralam Marjohan Derah. (Foto: Ist)

14 Desember 2017 17:26:05 WIB

PAGARALAM, GLOBALPLANET.news - Kabar baik bagi guru bersertifikasi di Kota Pagaralam, bahwa tunjangan bagi tenaga pendidik ini segera dicairkan melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Pagaralam.

Wali Kota Pagaralam dr Hj Ida Fitriati Basjuni mengatakan, tunjangan sertifikasi guru di Kota Pagaralam akan dibayarkan. ‎Hal ini lantaran dana tunjangan sertifikasi guru dari pusat telah masuk ke kas daerah.

“Dana tunjangan profesi guru untuk ribuan guru PNS dilingkungan Pemkot Pagaralam akan segera dibagikan. Jumlah guru yang ada di Kota Pagaralam sebanyak 3.000 lebih,” ujar Ida.

Dikatakan Ida, untuk pencairan pihaknya tinggal melakukan pengurusan administrasi, sedangkan dananya begitu langsung masuk ke kas daerah, akan langsung dibagikan ke rekening guiru, tidak akan dilakukan penundaan sedikitpun.

“Seluruh dana sertifikasi guru langsung dicairkan. Dipastikan tidak akan ada pemotongan sedikitpun. Bila ditemukan penyimpangan, hendaknya segera laporkan karena tunjangan sertifikasi ini adalah hak para guru,” tegas Ida.

Dengan dibayarnya tunjangan sertifikasi, ujar Ida, pihaknya mengharapkan guru dapat lebih semangat lagi dalam menjalankan tugasnya dalam mendidik anak-anak, serta meningkatkan terus mutu pendidikan di Kota Pagaralam. “Harus diberikan mutu dan kualitas pendidikan yang baik agar anak-anak generasi penerus bangsa dapat bersaing dengan daerah lain,” terangnya.

Ditambahkan Plt Kepala Badan Keuangan Derah (BKD) Kota Pagaralam, Iwan Mieke Wijaya, dana tunjangan sertifikasi guru untuk tahap ini sekitar Rp9 miliar. Agar bisa dicairkan pihaknya mengharapkan kepada pihak terkait untuk segera menyiapkan administrasinya.

"Kita tinggal menunggu administrasinya. Jika semua telah selesai akan kita cairkan asalkan usulan lengkap. Keterlambatan bisa dikarenakan usulan lamban," ungkapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayanaan Kota Pagaralam, Marjohan Derah mengatakan, selama ini dana tunjangan sertifikasi dicairkan langsung melalui rekening pribadi guru penerima disejumlah bank yang ada. Dengan pencairan ini, pihaknya berharap apa yang sudah diterima, hendaknya diimbangi dengan peningkatan kinerja.

"Untuk hak para guru akan dicairkan dalam waktu dekat. Kami berharap mutu dan kualitas pendidikan kepada anak untuk dipertahankan bagi yang baik dan ditingkatkan bagi yang belum," tukasnya.

Reporter : Yayan Darwansah Editor : M.Rohali 2144