loader

Kebutuhan Air Bersih Warga Perbatasan Dipenuhi, Sementara di Kota Lahat Belum Merata

Foto

LAHAT, GLOBALPLANET - Dengan adanya MoU tersebut, tentu saja menjadi kabar gembira bagi warga di perbatasan Lahat - Muara Enim. Namun tidak untuk sebagian warga di dalam Kecamatan Kota Lahat.  Pasalnya kawasan persisnya di Jalan Seruni Kelurahan Bandar Jaya, belum menikmati aliran dari PDAM hingga puluhan tahun. 

" Ya bagus kalau bisa kerjasama dengan kota tetangga untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat. Tapi kami ini kapan bisa nikmati PDAM, sudah puluhan tahun,  padahal kami masih dalam kawasan kota lahat," Kata Andi (32) warga sekitar. 

Andi mengungkapkan, sejak berdomisili sekitar tahun 2010 di alamat tersebut dirinya bersama para tetangga belum menikmati air dari PDAM Tirta Lematang.

 Padahal warga sekitar sangat membutuhkan air bersih. Mengingat kawasan tersebut, terbilang susah dengan air.  Dijelaskan Fiyet saat musim kemarau dirinya bersama sebagian tetangga harus merogoh kocek hingga ratusan ribu per minggu untuk membeli air untuk kebutuhan sehari hari.  

" Kalau dua minggu saja tidak hujan,  warga mulai beli air karena sumur kering,  ada yang sama sekali sumurnya tidak ada mata air karena ada napal keras.  Terpaksa kami beli, seminggu bisa 100 ribu," keluhnya. 

Ratusan Kepala Keluarga atau masyarakat RT 19 RW 006 khususnya di Jalan Seruni pada 2019 lalu cukup bergembir,  pasalnya pipa untuk pendistribusian air PDAM telah bekerja dan sudah rampung,  hanya saja sampai saat ini belum ada gerakan dari PDAM Tirta Lematang. 

" Sekitar tahun 2019 sudah ada yang pasang pipa untuk PDAM, tapi sekarang belum ada gerakan,  alasan pihak PDAM saat ditanya belum serah terima. Maksud kami kapan lagi mau serah terimanya,  kami disini sangat butuh air,  apalagi sekarang sudah musim kemara," tambah Dika juga warga sekitar

Sementara, Sekda Lahat,  Januarsyah Hambali sekaligus Dewan Pengawas PDAM Tirta Lematang Lahat mengatakan,  air bersih sangatlah dibutuhkan masyarakat, PDAM sangat ditunggu masyarakat. 

" Dengan dilaksanakan MoU ini, kami berharap mou tetap terus berlanjut, langgeng karena menyangkut pelayanan kepada masyarakat. Misi kita bersama sama melayani masyarakat, " sampainya saat menyampaikan sambutan. 

Share

Ads