Berita :: GLOBALPLANET.news

Pertemuan Presidium Sumsel Barat bertemu dengan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, Selasa (14/7/2020). (Foto: Ist)

15 Juli 2020 07:28:40 WIB

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang mendukung pembentukan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Barat. Dengan begitu, jika provinsi baru ini terbentuk maka Empat Lawang keluar dari Sumsel.

Dukungan ini diungkapkan langsung oleh Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad didampingi Wakil Bupati (Wabup) Empat Lawang Yulius Maulana, saat audiensi bersama Presidium pembentukan Provinsi Sumsel Barat, di ruang kerja Bupati Empat Lawang, Selasa (14/7/2020).

"Tentu ini menjadi harapan bersama, karena ini sudah lama pemikiran ini, kita berharap cepat ini, biar bisa di paripurnakan," ungkap Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad didampingi Wabup Empat Lawang Yulius Maualana.

Rencana pembentukan Provinsi Sumsel Barat ini dijelaskan Joncik, ada delapan (8) kabupaten dan kota yang masuk. Prinsipnya memperjuangkan ini sama-sama makin cepat makin baik.

"Untuk Ibu Kota jangan dibahas dulu. Kalau di Undang-undang yang baru, syarat untuk pembentukan provinsi baru minimal Tujuh (7) Kabupaten / Kota," katanya.

Sementara, Ketua Presidium pembentukan Provinsi Sumsel Barat yang juga merupakan mantan Wali Kota Pagar Alam H Jazuli Kuris mengatakan, pembentukan provinsi Sumsel Barat ini bukan wacana baru, tapi ini menindak lanjuti dari para sesepu yang kebetulan merupakan gurunya.

"Ini ada 8 kabupaten dan kota yang masuk, yaitu Kabupaten Muara Enim, PALI, Lahat, Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuklinggau, Musi Rawas dan Kabupaten Muratara," jelas Jazuli.

Perlu diketahui sambung Jazuli, provinsi Sumsel Barat ini sudah terdaftar, kuncinya jika Papua itu sudah diketok palu maka Sumsel Barat juga akan terbentuk. "Jadi kita harus cepat, kalau Papua sudah ketok palu, maka Sumsel Barat juga akan terbentuk," ujarnya.

Reporter : Ismail Editor : Zul Mulkan 254