Berita :: GLOBALPLANET.news

15 Juli 2020 12:16:20 WIB

OKUT, GLOBALPLANET - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ogan Komering Ilir (OKI), AKBP Alamsyah Palupessy mengingatkan beberapa hal kepada para Kepala Desa (Kades) di wilayah hukumnya, terutama terkait protocol kesehatan di desa. Hal itu disampaikannya saat bertatap muka dengan para Kades se-Kabupaten OKI di Kayuagung, Rabu (15/7/2020).

Terkait kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan untuk pencegahan penularan virus Corona (COVID-19) sangat penting, mengingat saat ini virus ini masih terus ada bahkan cenderung terus bertambah.

“Saat ini masih dalam pandemi COVID-19. Jadi tolong masyarakat di desanya untuk selalu mentaati protokol kesehatan, karena sekarang masih meningkat. Pesta yang mengumpulkan orang banyak belum dibolehkan, kalaupun akan menggelar resepsi ada beberapa hal yang harus dipenuhi,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga menegaskan agar bersama menjaga keamanan wilayah karena saat ini kriminal dan kasus Curat, Curas, dan Curanmor (3C) di OKI masih marak. Termasuk masalah narkoba yang juga masih marak peredarannya di beberapa desa.

“Masih banyak yang dengan mudah menghilangkan nyawa orang, seperti yang viral di media sosial beberapa waktu lalu. Jangan biasakan membawa senjata tajam, walaupun itu dengan alasan menjaga diri, jangan,” tegasnya.

Lebih lanjut, dia juga menekankan agar para kades turut melakukan pengawasan di wilayah masing-masing untuk mencegah karhutla. “Tolong kades bantu kami ingatkan masyarakat jangan buka lahan dengan cara membakar.
Kami sebenarnya tidak ingin ada yang sampai diproses hukum,” ujarnya.

Terkait masalah karhutla ini juga menjadi perhatian khusus dari Komandan Kodim 0402/OKI, Letkol CZI Zamroni. Menurutnya, masalah karhutla ini sebisa mungkin dilakukan pencegahan.

Menurutnya, jika memang masyarakat ingin membuka lahan untuk dikelola sebisa mungkin dilakukan dengan cara selain membakar seperti menggunakan alat berat dan lainnya.

Reporter : Eko Saputra Editor : M.Rohali 278