loader

Kotaku hingga Pisew akan Sentuh Warga Empat Lawang

Foto

EMPAT LAWANG, GLOBALPLANET - Tidak hanya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang lebih dikenal dengan program bedah rumah, program padat karya di Kemen PUPR ada juga yang namanya PISEW, KOTAKU, SANIMAS dan PAMSIMAS.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Dinas Perkim) Kabupaten Empat Lawang, Ir H Ismail Hakim melalui Kabid Perumahan dan Pembangunan Kawasan Pemukiman, H Anzar Ibrahim ST mengatkan, ada banyak program-program dari Ditjen Cipta Karya yang sudah dan akan dijalankan di Kabupaten Empat Lawang. Tidak hanya BSPS atau program bedah rumah, ada banyak program yang semuanya merupakan program padat karya.

“Ada yang namanya PISEW, KOTAKU, SANIMAS dan PAMSIMAS. Semua itu program padat karya sudah dan akan menyentuh manfaatnya ke masyarakat di Empat Lawang,” ungkap Anzar Kamis (23/7/2020).

Program PISEW adalah kependekan dari Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah, KOTAKU yakni program Kota Tanpa Kawasan Kumuh, SANIMAS yakni program Sanitasi Berbasis Masyarakat dan PAMSIMAS yakni Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat.

Dijelaskannya, untuk program infrastruktur kerakyatan PISEW, menyasar kawasan pedesaan, sementara untuk program KOTAKU, menyasar wilayah perkotaan. “Tahun ini program PISEW ada dan akan berjalan di Empat Lawang, juga program KOTAKU juga akan berjalan di tahun anggaran 2020,” imbuhnya.

Meski sambung dia, beberapa program pemerintah pada tahun anggaran 2020 ini dipangkas karena anggarannya direfocusing ke program percepatan penanganan COVID-19, dia memastikan untuk program PISEW dan KOTAKU, tetap bisa berjalan karena tidak terkena imbas dari refocusing anggaran. “Ini mungkin karena program ini sifatnya program padat karya, karenanya tidak terjadi pemotongan,” katanya. 

Share

Ads